Berkat Kampanye Beli Lokal di Tokopedia & ShopTokopedia, Penjualan 3 Brand Lokal Ini Melejit

saranginews.com, Jakarta – Kehadiran kampanye Beli Lokal yang diusung Tokopedia dan ShopTokopedia sejak Harbolnas pada 12 Desember 2023 mendapat antusias yang besar dari masyarakat.

Head of Communications Tokopedia dan ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan mengungkapkan, Makanan & Minuman, Kecantikan & Perawatan Tubuh, Fashion, Kesehatan, dan Rumah merupakan beberapa kategori terlaris dalam kampanye Beli Lokal di Tokopedia dalam enam bulan terakhir.

Baca Juga: Tokopedia & ShopTokopedia Rangkuman Tren Belanja Online Sepanjang Kuartal I 2024, Sedang Naik Daun!

Tersedia di TikTok, Aditia yang tersedia di ShopTokopedia mengatakan, tercatat produk kecantikan dan perawatan tubuh, makanan dan minuman, perabot rumah tangga, dan peralatan dapur mengalami peningkatan penjualan tertinggi.

Dikatakannya, laju kenaikan tersebut lebih dari 3 kali lipat pada periode 12 Desember 2023 – 12 Juni 2024 dibandingkan periode 12 Desember 2022 – 12 Juni 2023.

Baca Juga: Tokopedia Bagikan 5 Ide Aktivitas Akhir Pekan Ramah Dewasa, Yuk Simak!

“Kampanye Beli Lokal merupakan upaya Tokopedia dan ShopTokopedia untuk mendorong produk lokal menjadi pilihan utama masyarakat di seluruh Indonesia untuk terus berkontribusi terhadap perekonomian negara,” kata Aditia.

Lanjutnya, saat ini terdapat lebih dari 21 juta penjual di platform Tokopedia dan ShopTokopedia.

Baca juga: Penggabungan TikTok Shop dan Tokopedia Bakal Bikin Pasar UKM Makin Besar

“Kami berharap dengan adanya kampanye Beli Lokal, produk lokal dapat diperoleh lebih luas melalui Tokopedia dan ShopTokopedia di TikTok,” kata Aditia.

Kampanye “Beli Lokal” terbukti menjangkau berbagai wilayah di Indonesia.

Hal ini terlihat di beberapa daerah dengan jumlah lapangan kerja terbanyak melalui kampanye “Beli Tempat di Tokopedia” antara lain Jawa, Bali, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Lampung.

Selain itu, Tokopedia juga mencatat bahwa subkategori ibu dan bayi memperoleh penjualan lebih dari dua kali lipat dengan kampanye beli lokal dibandingkan sebelum kampanye.

Kategori Kecantikan & Perawatan Tubuh mengalami peningkatan pekerjaan hampir 1,5x lipat dengan kampanye Beli Lokal di Tokopedia.

Secara spesifik, Tokopedia mencatat banyak brand yang mengalami peningkatan transaksi tertinggi pada kampanye Beli Lokal di Tokopedia.

Misalnya, penjualan produk kecantikan dan perawatan tubuh, seperti deodoran, meningkat hampir dua kali lipat selama kampanye Beli Lokal, dibandingkan periode sebelum kampanye.

Sementara penjualan pembersih wajah dan krim bibir di Tokopedia naik lebih dari 1,5 kali lipat.

“Selain itu, penjualan produk makanan dan minuman seperti kopi bubuk meningkat hampir dua kali lipat dengan adanya kampanye Beli Lokal di Tokopedia dibandingkan periode menjelang kampanye,” jelas Aditia Thenga di ShopTokopedia online.

Sumsel, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Bali tercatat menjadi beberapa daerah yang mengalami peningkatan jumlah transaksi kampanye beli lokal tertinggi dibandingkan sebelum masa kampanye, kata Aditia di ShopTokopedia di TikTok.

“Rata-rata peningkatannya lebih dari 2,5 kali lipat pada saat kampanye Beli Lokal di ShopTokopedia,” kata Aditia.

Selain itu, ShopTokopedia melihat beberapa kategori produk yang mengalami peningkatan penjualan tertinggi melalui kampanye Beli Lokal, antara lain kecantikan dan perawatan pribadi, makanan dan minuman, perabot rumah tangga dan peralatan dapur, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 3x.

ShopTokopedia juga telah mendaftarkan serangkaian produk populer dalam berbagai kategori melalui kampanye Beli Lokal.

Misalnya pada segmen Kecantikan di ShopTokopedia, produk yang paling laris adalah krim wajah, masker wajah, lipstik, lip gloss, tabir surya, dan parfum.

Merek fesyen juga meraih penjualan bagus melalui kampanye “Beli Lokal” di ShopTokopedia.

Hal ini tercermin dari banyaknya produk yang paling laku saat berbelanja di daerah, misalnya tas, kemeja, blus, kaos oblong, sandal, dan gaun.

Pada kategori Makanan & Minuman di ShopTokopedia, produk yang paling banyak diminta masyarakat melalui kampanye Beli Lokal antara lain keripik kentang, coklat, kopi, kue, dan hot pot instan.

“Kampanye Beli Lokal telah terbukti mampu meningkatkan penjualan para pelaku usaha khususnya merek lokal di ShopTokopedia,” tegasnya.

“Hal ini tercermin dari peningkatan penjualan produk lokal yang mencapai kurang lebih 2,5 kali lipat pada saat kampanye beli lokal,” tambah Aditya.

Tokopedia dan ShopTokopedia juga berbagi beberapa cerita mengenai merek lokal, termasuk Iswhite, Kylafood, dan Lemovita, yang telah memanfaatkan kampanye Beli Lokal untuk bisnis mereka.

Iswhite menghadirkan inovasi berbasis penelitian pada industri perawatan tubuh dengan produk masker tubuhnya

EsWhite bermula dari ketertarikan Sarah Invera, pendiri EsWhite, sebagai seorang wanita yang dikelilingi oleh wanita lain yang berusaha mencerahkan kulitnya namun dengan cara ekstrim yang merugikan kulitnya.

Hal ini menginspirasi Sarah untuk menciptakan produk Iswhite pertama berupa masker tubuh yang menggunakan bahan-bahan seperti niacinamide, hydrolyzed kolagen, asam glikolat, gliserin, ekstrak buah persik, dan lain-lain.

Iswhite saat ini memiliki 13 jenis produk perawatan kulit.

Iswhite mulai menggunakan platform digital, Tokopedia dan ShopTokopedia.

“Sejak bergabung dengan Tokopedia pada tahun 2022, Iswhite telah efektif menggunakan berbagai fitur dan kampanye, seperti diskon Beli Lokal dan Chase, untuk memperluas pasar. Sementara itu, di ShopTokopedia, Iswhite juga aktif melakukan live shopping 24 jam, bahkan videonya pun populer Dan termasuk kata Sarah.

Sebagai produsen murni lokal, Iswhite bangga mampu bersaing dengan produk lain dan dikenal masyarakat luas.

Melalui kampanye “Beli Lokal” di Tokopedia dan ShopTokopedia, Iswhite mengalami peningkatan penjualan sebesar 14x.

Bahkan, pendapatan penjualan Iswhite saat mengikuti kampanye Beli Lokal di Tokopedia meningkat hampir 50 persen.

Sementara itu di ShopTokopedia, keuntungan Iswhite naik hampir 100 persen dibandingkan keuntungan Kylafood bulan lalu yang membawa makanan tradisional Barat ke kancah nasional.

Jaleh Ruslan pemilik Kylafood dan istrinya memulai usahanya pada tahun 2018 dengan berjualan makanan ringan di Jawa Barat yang langsung dikemas sehingga masyarakat bisa membelinya di mana saja.

Ghaleh mencontohkan, dua produk yang paling banyak diminati masyarakat adalah sabulaq asli dan kuah batajour yang bercirikan bumbu tradisional yang autentik.

Kylafood bekerja sama dengan banyak petani lokal dari Magalingka dan pedagang di beberapa pasar besar di Bandung untuk mendapatkan bahan baku yang dibutuhkan untuk produksi.

“Sejak bergabung dengan Tokopedia pada tahun 2018, Kylafood telah memanfaatkan sepenuhnya kampanye dan fitur Tokopedia, seperti Tokopedia NYAM!, Time to Buy Indonesia (WIB) dan kini Shop Local,” kata Galih.

Selama sebulan, Kylafood rutin mengirimkan ribuan produk ke seluruh wilayah di Indonesia, baik melalui Tokopedia maupun ShopTokopedia di aplikasi TikTok.

“Sebenarnya pengiriman produk Kelafood dari Aceh sudah sampai di Papua,” tambah Jaleh.

Karena kemajuan teknologi dan tingginya minat masyarakat terhadap platform teknologi seperti ShopTokopedia, Kylafood tak henti-hentinya membuat berbagai konten menarik di TikTok untuk mempromosikan produk seblak yang laris manis.

Kylafood juga menggunakan kampanye beli lokal, karena produknya sepenuhnya lokal.

Bahkan, rata-rata peningkatan penjualan Kylafood mencapai hampir 1,5x setelah mengikuti kampanye Beli Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia, mendukung kesejahteraan petani lokal dengan produk minuman alami.

Di antara banyaknya produk minuman yang mengandung perasa, pengawet, dan gula darah tinggi, Christ Mandala, pemilik Limovita, bertekad menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan.

Caranya adalah dengan bijak memilih minuman yang tidak hanya enak dikonsumsi, tapi juga dibuat dari bahan-bahan alami, seperti jus buah, cuka buah, gula stevia, dan biji chia.

Christ Mandala mengatakan, melihat keprihatinan para petani setempat yang mengeluhkan hasil panennya dibuang dan pendapatannya tidak stabil karena tidak bisa bekerjasama dengan pengusaha, pihaknya mengajak mereka untuk bekerjasama menyediakan alat produksi kepada Limovita.

“Saat ini Limovita telah bekerja sama dengan ratusan petani lokal untuk memberikan jaminan kepada petani bahwa mereka dapat menjual hasil panennya dan meningkatkan kesejahteraan petani lokal,” kata Christian.

Lemovita juga memanfaatkan platform teknologi seperti Tokopedia dan ShopTokopedia untuk mengembangkan pasar dan meningkatkan kesadaran kesehatan masyarakat.

Lemovita juga menggunakan kampanye pembelian lokal untuk meningkatkan penjualan.

Berkat kampanye beli lokal, pendapatan Lemovita kini mencapai kurang lebih Rp 2 juta setiap bulannya, terutama melalui ShopTokopedia di TikTok.

Di sisi lain, masyarakat penjual dan pembeli dapat turut serta mempromosikan semangat “membeli lokal” melalui media sosial.

Caranya, masyarakat bisa berbagi inspirasi 5 produk buatan sendiri yang mereka sukai melalui template video pendek yang tersedia di TikTok dan Capcut.

Kemudian, masyarakat dapat mengunggah video tersebut ke platform TikTok, menggunakan tagar #Beli Tempat dan tag @tiktokofficialindonesia, @tokopedia, dan 3 orang teman dekat atau saudaranya. (Tanda / Keju)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *