Jokowi Pantau Langsung Harga Pangan di Kota Sampit

saranginews.com, SAMPIT – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan memantau langsung harga pangan di Kota Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Bawang merah Rp 40 ribu, bawang putih Rp 40 ribu, ayam Rp 38 ribu. Sama di Jawa. Yang saya lihat tadi enak. Cabai rawit juga Rp .45 ribu,” ujarnya di Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM), Sampit, Rabu (26/06).

BACA JUGA: Ada yang Usul Kaesang bin Jokowi-Zita Anjani Duet di Pilkada Jakarta

Selain PPM, orang nomor satu di Indonesia itu juga mengunjungi Pasar Ikan Mentaya (PIM) yang terletak di sebelahnya.

Presiden mengunjungi dan berbincang dengan beberapa pedagang di pasar basah PIM dan pasar kering PPM.

BACA JUGA: Tito bantah isu rotasi kepala daerah untuk memudahkan Jokowi mengikuti pilkada

Ia juga didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, dan Wakil Bupati Irawati.

Kedatangan orang nomor satu di republik ini disambut gembira para pedagang dan ribuan warga yang berkumpul di pasar tradisional terbesar di Kotawaringin Timur itu.

BACA JUGA: Disebut Ada Momentum Identifikasi Calon Gubernur Dampingi Menantu Jokowi di Pilgub Sumut

Kunjungan pasar dilakukan untuk memastikan status stok, pasokan dan harga bahan pangan. Sampit merupakan salah satu sampel dalam pengukuran tingkat inflasi di Kalimantan Tengah.

Fluktuasi harga komoditas di Kotawaringin Timur seringkali terjadi cukup cepat. Pemicunya, sebagian bahan pangan masih diimpor dari luar daerah seperti Pulau Jawa, sehingga ketika pasokan terganggu, harga cenderung naik.

Menyikapi hal tersebut, Jokowi menilai harga pangan di daerah tersebut saat ini stabil. Informasi harga ia gali sendiri dari dealer di PPM.

Yang saya lihat distribusinya lancar. Saya cek. Saya juga kaget karena harganya hampir sama (seperti di Pulau Jawa), kata Presiden Jokowi.

Sementara usai meninjau pasar tradisional, Presiden Jokowi melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kampung Bapeang, Kecamatan Ketapang Mentawa Baru.

Di desa tersebut, Presiden Jokowi didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman meninjau penggunaan pompa air bantuan pemerintah pusat untuk lahan pertanian setempat. (antara/jpnn) Yuk tonton juga video ini!

BACA ARTIKEL LAGI… Pilgub Sumut Memanas, Nikson Nababan Tak Gentar Hadapi Petahana dan Menantu Jokowi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *