Hetifah DPR Minta Kemendikbudristek Usut Dugaan Kecurangan PPDB 2024

saranginews.com – JAKARTA – Wakil Ketua Komisi mengungkap investigasi salah satu media nasional.

Saya meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta pihak-pihak terkait untuk melakukan pengusutan menyeluruh dan mengambil tindakan tegas terhadap pihak-pihak yang terlibat, kata Hetifah dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (26/6).

BACA JUGA: Banyak PNS yang Mabuk di Tahun 2024. Panitia PPDB, DPRD bilang, mereka hanya bertanya

Hetifah juga menekankan pentingnya keadilan dalam proses PPDB dan meminta pihak terkait segera mengambil tindakan tegas.

Dikatakannya, DPR RI, khususnya Komisi

BACA JUGA: Skandal PPDB, Puluhan Siswa Batal Masuk SMAN 3 dan 5 Bandung 

Hetifah juga mengimbau masyarakat ikut terlibat dalam pemantauan dan pelaporan jika mendeteksi adanya indikasi kecurangan dalam proses PPDB.

“Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk memastikan pendidikan di Indonesia bebas dari penipuan dan diskriminasi,” kata politikus Partai Golkar itu.

BACA JUGA: Polisi dan Kejaksaan Mulai Usut Penipuan PPDB, Ada Tanda-tanda Kejahatan

Hetifah mengingatkan pentingnya pengawasan ketat terhadap PPDB. Ia mengatakan, mekanisme pengawasan yang lebih ketat dan terbuka harus segera dilakukan untuk menghindari celah yang dapat dimanfaatkan untuk penipuan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebelumnya meminta pemerintah daerah (Pemda) berperan mengurangi diskriminasi dan ketidakadilan dalam pelaksanaan PPDB.

“Pemerintah daerah juga harus berperan penting untuk mengurangi diskriminasi dan ketidakadilan dalam pelaksanaan PPDB,” kata Irjen (Irjen) Chatarina Muliana Girsang dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Chatarina mengatakan, pemerintah daerah mempunyai banyak peran penting dalam mengawal pelaksanaan PPDB, mulai dari sosialisasi hingga memastikan validitas data siswa.

Selain itu, Pemerintah Daerah mempunyai tugas menyusun petunjuk teknis (yuknis) pelaksanaan PPBP sesuai jadwal yang ditentukan, memasukkan sekolah swasta dalam proses PPBP, dan menetapkan peraturan tata ruang sesuai peraturan yang ada. (antara / jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *