Haidar Alwi Institut Usulkan Yanma Polri Dipimpin Jenderal Berbintang Satu

saranginews.com, JAKARTA – Direktur Haider Alwi Institute (HAI) Sandri Rumanama meminta Kapolri meningkatkan status pelayanan Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Yanma Polri).

Ia mengatakan, sebaiknya Polri dipimpin oleh jenderal bintang 1 (satu) untuk memberikan pelayanan masyarakat yang maksimal.

Baca Juga: Jenderal Maruli Pantau Kinerja Babinsa untuk Cegah Masyarakat Judi Online

Ia mengatakan, karena peran Mabes penting bagi kerja kepolisian, maka organisasi kepolisian harus ditingkatkan dan terutama dihargai. Yanma harus dipimpin oleh seorang perwira polisi berpangkat 1 (satu) bintang.

“Polisi Yanma merupakan unsur pelayanan yang fungsi pokok dan fungsinya di bidang pembinaan dan pelayanan umum, serta urusan internal di lingkungan Mabes Polri, khususnya yang berkaitan dengan fasilitas markas, sehingga tugas penting ini harus dipimpin oleh seorang jenderal bintang 1”. kata Sandri Rumana di Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Baca Juga: Dimutasi dari Yanma Polri, Irjen Ferdi Sambo Jadi Bawahan Kompol

Sandri mengatakan Mapolres Yanma kerap dijadikan tempat perpindahan petugas dan anggota polisi yang bermasalah.

Dengan memahami dan memperbaiki sistem struktural kepolisian, maka seorang perwira tinggi minimal berpangkat Irjen Pol dapat memimpin.

Baca juga: Shahroni Dukung Kesuksesan Polri di Perizinan Digital

“Yanma mempunyai peran besar dalam pelayanan kepolisian negara ini dan harus dikaji dengan struktur internal kepolisian nasional,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, masih banyak unsur struktural di kepolisian yang perlu dibenahi agar bisa dipimpin oleh perwira tinggi berpangkat brigadir jenderal polisi, yakni staf pribadi Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Spripim Polari). . . dan Pelayanan Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Yanma Polri).

Sekadar informasi, saat ini Kepolisian Negara Republik Indonesia (Yanma Polri) dipimpin oleh seorang pejabat eksekutif madya berpangkat komisaris polisi, kata Sandri.

Namun jika dilihat dari tugasnya, sudah sepantasnya Kepala Staf Polri Yanma dipimpin oleh seorang pejabat eksekutif minimal berpangkat Brigadir Jenderal Polisi.

Dalam melaksanakan tugasnya, Yanma Polri menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:

1. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis kepada penyelenggara urusan dalam negeri kepada seluruh pegawai di lingkungan kepolisian untuk melaksanakan pelayanan kantor pusat/kantor.

2. Memberikan bimbingan, administrasi, perencanaan program dan anggaran, pelayanan administrasi dan fisik di lingkungan Yanma Polari.

3. Akomodasi di Area Kepolisian.

4. Pelayanan Staf Umum. Jasa transportasi personel.

5. Pemeliharaan sarana transportasi.

6. Pemeliharaan gedung kantor umum.

7. Pembinaan Korps Musik Polri (Jumat/jpnn)

Baca artikel lainnya… BPK dorong polisi luncurkan kampanye cegah cybercrime, khususnya perjudian online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *