Erma PKB Dorong Pihak Kampus Mendampingi UMKM Mencetak Entrepreneur Andal

P

“Budaya kampus sangat kondusif untuk melahirkan wirausahawan kredibel yang mampu memanfaatkan teknologi sebagai wahana akselerasi produknya. Beberapa start up tidak dijalankan oleh anak muda,” kata Siti Mukaroma, sapaan akrab Erma, Simposium UMKM “Keterampilan dan Kewirausahaan UMKM” . di Era Digital” Navigasi strategis untuk pertumbuhan

Baca juga: Membangun perusahaan digital membutuhkan pengetahuan, strategi, dan ketekunan

“Di sisi lain, kampus juga bisa memberikan dukungan dan berkolaborasi dengan UMKM. Mahasiswa bisa melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan bantuan ini,” ujarnya.

Konferensi tersebut menyimpulkan bahwa perguruan tinggi dapat melahirkan wirausahawan yang handal, serta berkolaborasi dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta berkontribusi dalam produksi dan distribusi.

Baca juga: BUMN Anak Usaha SIG Raih Penghargaan Entrepreneurial Marketing 2024

Erma, alumnus Universitas Islam Negeri Saifuddin Zuhri (UIN SAIZU) Purwokerto pun menceritakan pengalaman kuliahnya sambil berjualan makanan.

Lebih lanjut ia menilai, dengan digitalisasi yang kini sudah sangat canggih, para pelajar bisa melakukan pekerjaan tersebut meski sedang giat belajar.

Baca juga: Dukung UMKM, Menteri Keuangan Shri Mulaney: Perempuan Perlu Diberdayakan

Ia mengatakan, kurikulum tersebut juga akan menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

Tim ahli Koalisi Produktivitas dan Daya Saing sekaligus Menteri Usaha Kecil dan Menengah Herbert Siagian menambahkan, beberapa lembaga internasional telah memperkirakan Indonesia akan menjadi negara maju pada tahun 2045.

Ia mengatakan, mengembangkan iklim usaha yang kondusif melalui fasilitasi dan insentif, memperkuat koordinasi antar pemangku kepentingan, dan menumbuhkan ekosistem kewirausahaan kemungkinan besar akan meningkatkan angka kewirausahaan.

Konferensi tersebut digelar sebagai rangkaian Rapat Besar UIN SAIZU pada 21-23 Juni.

Upayanya dalam mendorong UMKM dan kewirausahaan dapat dicontohkan dengan kegiatan pasar yang dilakukan oleh UMKM lokal dalam kegiatan yang bekerjasama dengan BUMN peduli UMKM. Paddy Rayburn dan D’Massive Band menghadiri acara tersebut (*/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *