Soal Seleksi Paskibraka 2024, Kepala BPIP Singgung Calon Pemimpin Berkarakter Pancasila

saranginews.com, JAKARTA – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Prof. dr. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak khususnya Panitia Seleksi Satuan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) baik di tingkat kabupaten/kota, daerah, dan pusat atas kerja keras dan dedikasinya selama proses rekrutmen. dan menyeleksi calon masuk Paskibrak pada tahun 2024.

“BPIP selalu berupaya untuk menjadikan desain Paskibraka semakin baik setiap tahunnya, yaitu memberikan kesempatan yang sama kepada putra dan putri terbaik tanah air untuk menjadi Paskibraka melalui pembentukan desain Paskibraka yang ditetapkan oleh BPIP,” kata Yudian Wahyudi dalam siaran pers. pertemuan pada Senin (24/6).

BACA JUGA: Komisi II DPR RI Rekomendasikan Penguatan Kelembagaan BPIP Melalui Legislasi

Menurut Yudian, hasil ujian calon Paskibrak tingkat madya tahun 2024 telah disampaikan kepada panitia seleksi secara keseluruhan pada Jumat, 21 Juni 2024.

Lebih lanjut Yudian menjelaskan, sesuai Perpres No. 51 Tahun 2022 Program Paskibraka untuk sekelompok pemimpin masa depan yang memiliki ciri-ciri Pancasila.

BACA JUGA: BPIP Minta Anggaran Rp 45 Miliar untuk Bayar YouTuber dan TikTokers

Oleh karena itu, perancangan Paskibraka merupakan cara nasional dalam mengelola bakat putra-putri terbaik bangsa.

Ia berharap para anggota Paskibara ke depan bisa menjadi pemimpin Indonesia di berbagai bidang yang berwawasan Pancasila.

BACA JUGA: Kepala BPIP Prof Yudian mengukuhkan Paskibraka 2023 sebagai PDP

Wakil Direktur BPIP Dr. Rima Agristina selaku pengarah program Paskibraka mengatakan, proses pembuatan Paskibraka dilakukan secara bertahap.

Sejak didirikan di tingkat kabupaten/kota, BPIP telah melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan proses rekrutmen dan seleksi sesuai dengan standar yang ditetapkan BPIP. 

Di tingkat daerah, terdapat panitia seleksi pusat di 38 daerah untuk mengawal pelaksanaan kegiatan rekrutmen dan seleksi di tingkat daerah untuk memastikan terpenuhinya standar yang ditetapkan bagi Paskibraka sesuai dengan petunjuk teknis yang diberikan. di BPIP. panitia seleksi daerah, baik melalui petunjuk teknis yang diberikan secara online pada tanggal 30-31 Januari di Jakarta, maupun melalui petunjuk teknis yang diberikan secara tertulis.

Dalam rangka menjamin Paskibraka Calon Tingkat Pusat, maka mulai tahun 2024, ujian Paskibraka Calon Tingkat Pusat akan dilaksanakan secara terpusat di Jakarta.

Menurut Pak Rim, berdasarkan hasil seleksi di tingkat daerah, panitia seleksi daerah melakukan pemeriksaan kesehatan pendahuluan terhadap 4 orang (pasangan) calon Paskibrak untuk menjadi yang tertinggi di daerah.

Hasil penyelidikan klinis dikirim ke Komite Eksekutif untuk persetujuan awal.

Apabila ada syarat/persyaratan yang tidak terpenuhi dari hasil evaluasi pendahuluan, maka calon Paskibraka tersebut tidak berhak menjadi calon Paskibraka.

Kemudian Panitia Seleksi Pusat meminta Panitia Seleksi Provinsi untuk mengirimkan calon yang mempunyai peringkat terendah di tingkat provinsi untuk menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu.

“Selain itu, calon Paskibrak dari masing-masing provinsi akan mengikuti screening di Jakarta. Screening di Jakarta lebih ketat dengan tes kesehatan yang melibatkan dokter dan psikiater,” kata Rima.

Rima menambahkan, seleksi panitia di tingkat menengah merupakan hal terakhir yang dilakukan untuk menentukan rapat penentuan calon Paskibrak masing-masing kabupaten untuk diberikan tingkat menengah dan cadangan untuk tetap bertugas di kabupaten tersebut.

“Penetapan calon Paskibraka pusat dan calon Paskibraka pusat yang bertugas di daerah akan dilakukan berdasarkan peringkat hasil ujian pusat. Pengurus sengaja memilih calon yang akan masuk ke Paskibraka pusat daerah berdasarkan peringkat hasil pemeriksaan sesuai persyaratan/ketentuan yang telah ditetapkan,” kata Rima.

BPIP mengapresiasi perhatian yang diberikan kepada BPIP oleh berbagai pihak terkait calon Paskibraka. Namun, Panitia Seleksi Pusat tetap melakukan penelusuran menyeluruh tanpa campur tangan pihak manapun sesuai instruksi Panitia Pengurus BPIP, kata Rima.

Dalam acara tersebut, Rima mengumumkan kepada para calon Paskibraka se-Indonesia bahwa calon Paskibraka tingkat menengah tahun 2024 adalah mereka yang mendapat jabatan tertinggi berdasarkan hasil ujian tengah yang diikuti dan calon-calonnya. bagian mereka.

Rima menegaskan, proses Paskibrak kelas menengah mengutamakan integritas dan tujuan dalam proses seleksi. 

“Adik-adik kelompok Paskibraka yang terpilih dilindungi sedang menjalankan kiprahnya di kabupaten tersebut. “Seluruh pelajar Paskibraka mulai dari Kabupaten/Kota, Provinsi hingga Pusat agar fokus ke balai latihan sesuai usianya untuk dikukuhkan menjadi Paskibraka,” kata Rima.

Rima mengatakan, seluruh Paskibraka mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi Duta Pancasila setelah pensiun dengan mengikuti seluruh prosedur yang diberikan.

Ciri-ciri calon pemimpin

Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengimbau seluruh masyarakat, pejabat tinggi, orang tua calon Paskibrak, dan seluruh masyarakat berkumpul untuk memastikan pemahaman calon pemimpin yang menganut Pancasila.

“Mari kita semua memberi contoh kepada anak-anak kita untuk mendahulukan kepentingan negara di atas kepentingan individu atau kelompok,” kata Yudian.

Wakil Kepala BPIP Rima Agristina dan Direktur Program Paskibraka menjelaskan, anggota Paskibraka merupakan bagian dari sektor dalam menjalankan tugasnya.

“Keberhasilan Perusahaan Pengibar Bendera Pusaka tergantung pada ketrampilan dan kekuatan masing-masing anggotanya, sehingga paskibraka memerlukan kebugaran jasmani dan sikap positif untuk dapat berkarya di ajang nasional mewakili putra putri Indonesia dengan sukses,” kata Rima. .

Paskibraka selanjutnya akan menuju pusat Pendidikan Paskibraka di Jakarta, sebelum berangkat ke Ibu Kota Kepulauan (IKN) dimana ia akan bertugas mengibarkan warna merah putih dalam rangka peringatan HUT RI ke-79 tahun 2024. (jum/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *