Kapan Presiden Jokowi Berkantor di IKN? Heru Budi Bilang Begini

saranginews.com – JAKARTA – Sekretaris Jenderal Presiden (Kasepre) Helu Budi Hartono menjawab pertanyaan kapan Presiden Joko Widodo akan mendirikan kantor di ibu kota nusantara (IKN).

Menurut dia, kesadaran akan masalah ini sedang dipertimbangkan apakah infrastruktur dasar di kawasan itu masih siap.

Artikel terkait: Budi-nya Bicara Peluang Maju Menuju Pilkada Jakarta 2024: Besok Penuh Misteri

“Kita menyaksikan perkembangan infrastruktur yang ada,” kata Helu di sela-sela peluncuran logo HUT RI ke-79 yang digelar di Wisma Negara, Jakarta, Senin (6/24).

Infrastruktur yang sedang dipersiapkan antara lain penyediaan air bersih dan Bandara IKN yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Artikel terkait: Relawan Go Gibran Tuan Rumah Pesta Syukuran HUT ke-63 Jokowi yang dihadiri sejumlah orang

Pembangunan bandara ditargetkan selesai Agustus mendatang, namun masih diperlukan pemeriksaan dan penjaminan lebih lanjut untuk izin operasional bandara tersebut, kata Herr.

“Iya, kita punya air dan kita punya bandara. Kemarin dijadwalkan Agustus selesai bandaranya, tapi informasi yang saya dapat jelas masih perlu ditingkatkan,” ujarnya.

Artikel terkait: Pengamat Imbau Jokowi Lebih Mendengarkan Lembaga Terpercaya

Helu mengatakan, pemerintah terus mematangkan persiapan rangkaian acara peringatan HUT ke-79 berdirinya Republik Indonesia mulai 1 Agustus 2024, disertai kegiatan peringatan bersama.

Berbeda dengan rencana awal yang akan menggelar rangkaian acara di IKN dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara offline dan online di IKN dan Jakarta pada tanggal 1 hingga 17 Agustus.

“Ada gap waktu. Ada acara tanggal 1, 10, 14, 15, 16, dan 17 (Agustus). (Skenario) pulang kampung sudah diputuskan. “Untuk Misalnya, “tanggal 1 sampai tanggal 10 (jeda) masih jauh. Tentu saja (Presiden) akan bolak-balik ke Jakarta,” kata Helu.

Ia mengatakan, acara peringatan kelompok tersebut akan digelar di Jakarta seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sedangkan acara lain seperti pengukuhan Satuan Pengibaran Bendera Cagar Budaya (Pasuki Bulaka), Penganugerahan Prestasi dan Renungan Suci, serta penganugerahan tanda kehormatan RI belum dipastikan digelar di IKN maupun Jakarta.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Plt Direktur Otorita Ibu Kota Kepulauan (OIKN) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, persiapan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia sedang dilakukan di IKN.

“Secara umum bisa kita nyatakan 90% siap. Bulan Juli nanti Presiden RI akan ke IKN lagi untuk melakukan pengecekan terakhir,” kata Basuki awal Juni lalu.

Menurut dia, Presiden Jokowi memastikan lokasi dan tata tertib setiap perayaan HUT RI di IKN.

Basuki juga mengatakan, pada Agustus mendatang, 12 gedung apartemen ASN di IKN akan dilengkapi perabotan lengkap untuk ditinggali peserta upacara.

Sementara itu, lokasi kantor Menteri akan selesai dibangun dan siap ditempati. (Antara/Jepang)

Baca artikel lainnya… Pengurus IKN yakin mutasi ASN perdana ke nusantara bisa dimulai September nanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *