BRIncubator 2024 Fokus Dorong UMKM Masuk Pasar Global

saranginews.com, Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. PRI bekerja sama dengan Sinergi Bina Mulia (SBM) mendorong para pelaku UMKM untuk fokus pada produk fashion dan kecantikan untuk meningkatkan volume usahanya.

SEVP Ultra Micro BRI M. Candra Utama mengatakan pihaknya ingin UMKM tidak hanya sukses di lokal, tapi juga mendunia dan menembus pasar ekspor.

Baca Juga: Shopee Live Sukses Luncurkan UMKM dan Brand Lokal di Awal Tahun 2024

Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2018, program BRIincubator telah memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pertumbuhan bisnis UMKM. 

Tahun ini, sudah ada 2.200 calon peserta yang mendaftar untuk mengikuti program tersebut. 

Baca juga: UMKM dan Petani Lokal Maju, CocoCo Buka Cabang Baru di Medan

Dengan kurikulum pelatihan yang dipilih, peserta program akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan yang diperlukan dengan orientasi pasar global, jelas Kandra.

Contra mengatakan program ini akan mencakup berbagai mata pelajaran termasuk strategi pemasaran, komunikasi bisnis, keterampilan negosiasi, kecerdasan bisnis, manajemen keuangan, serta materi khusus di industri fashion dan kecantikan, termasuk desain dan manajemen produksi.

“Fokus utama program ini adalah implementasi kurikulum yang diberikan, dimana BRI memastikan ilmu yang diperoleh selama pelatihan terus diterapkan pada bisnis yang dijalankannya,” kata Kendra. 

Kondra menjelaskan, UMKM memerlukan dukungan bantuan yang spesifik sesuai dengan kondisi usahanya yang berbeda-beda, sehingga UMKM memerlukan bantuan yang terfokus untuk mempercepat pertumbuhan usahanya.

Di era digital ini, BRI menyediakan berbagai platform untuk mendukung pertumbuhan pelaku UMKM, salah satunya adalah linkumkm.id. 

Situs ini memiliki fitur-fitur menarik seperti informasi bisnis, modul pelatihan, saran, serta penggunaan data untuk bergabung dan berjejaring dengan komunitas di seluruh Indonesia. 

Selain itu, Localoka juga memiliki platform e-commerce yang membantu UMKM memperluas jangkauan pasarnya dengan menyediakan fasilitas penjualan online.

“Kami terus mendukung kegiatan literasi dan inklusi keuangan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pelaku usaha melalui berbagai program pemberdayaan sebagai bukti nyata komitmen BRI dalam mengembangkan UMKM di Indonesia,” tutup Contra. (mcr10/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *