Bawaslu Tak Mau Kecolongan, Pantau Secara Ketat Kinerja Pantarlih

saranginews.com – MAKASSAR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Luwu, Sulawesi Selatan tak mau ketinggalan kegiatan koreksi dan penelitian (coclit) yang dilakukan petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlia) Pilkada 2024.

Untuk itu, Bawaslu Luwu Sulsel terlibat langsung dalam pengawasan ketat terhadap kegiatan pendataan serentak pemilu 2024 yang dilakukan aparat Pantarlih.

Baca juga: Hampir Seribu Pantarlia di Zona Bawah Lakukan Pekerjaan Koklea

“Jangan sampai pada saat pelaksanaan Coclit, Panwaslu tidak paham apa tugasnya. Karena data pemilih merupakan elemen penting dalam pemilu dan pemilu,” kata Ketua Bawaslu Luwu Irpan dalam keterangannya. pada Selasa (25/6).

Ia mengatakan, proses pencocokan data pemilih dimulai pada 24 Juni hingga 25 Juli 2024.

Baca juga: KPU Ingatkan Panwaslu Ini Sangat Penting

Pengawas pemilu yang ikut serta dalam proses pemantauan harus dapat memastikan pengawas pemilu yang ditunjuk mendapat petunjuk teknis sesuai petunjuk teknis (juknis) dan pedoman KFU terkini.

Irpan mengatakan tahapan Koklit merupakan tahapan kritis karena hak pemegang suara bergantung pada pencocokan data petugas Pantarliya.

Baca juga: Pilgub Sumut Memanas, Nixon Nababan Tak Takut Hadapi Kantor dan Menantu Jokowi

“Ini merupakan tahapan kritis dan untuk menjaga kualitas demokrasi yang baik, harus dilakukan pengawasan yang ketat. Kepala pengawas pemilu memegang peranan penting karena dalam proses pemungutan suara, mereka yang menolak memilih dapat menggunakan hak pilihnya. ” dia berkata.

Irpan mengatakan, pihaknya telah memetakan beberapa wilayah di Kabupaten Luwu, termasuk wilayah yang baru saja dilanda banjir bandang dan tanah longsor.

Di daerah yang terkena bencana alam, banyak warga yang rumahnya rusak parah dan banyak yang mengungsi akibat tanah longsor dan banjir bandang.

“Itu yang jadi perhatian kita sekarang, para pemilih di beberapa wilayah yang terdampak banjir bandang dan tanah longsor. Masih banyak warga yang mengungsi dan kita ingin pastikan, apakah mereka terdaftar dan dikunjungi kampanye pemilu atau tidak,” kata Irpan. (Antara/jpnn) Sudah nonton video terbaru berikut ini?

Baca artikel lainnya… Berikut Calon Wali Kota Bogor 2024 dari PKS, satu suara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *