Anak -Anak Bisa Memakai Krim Sunscreen, Ini Syarat Penggunaannya

saranginews.com, JAKARTA – Para orang tua selalu diimbau untuk melindungi anaknya dari sinar matahari saat beraktivitas di luar ruangan.

Perlindungan terhadap sinar matahari penting dilakukan karena kulit anak lebih sensitif dan mudah rusak akibat sinar UV matahari.

BACA JUGA: 7 Sunscreen SPF 50 Terlaris Tahun 2024

Tanpa perlindungan maksimal dari sinar matahari, anak akan lebih mudah terserang sinar matahari dan menimbulkan dampak jangka panjang, seperti peningkatan risiko kanker kulit dan penuaan dini.

Kulit anak-anak lebih tipis dibandingkan orang dewasa. Jika tidak mendapatkan perlindungan yang cukup, anak seringkali mengalami tanda-tanda kerusakan kulit, seperti iritasi, kemerahan, kering, dan munculnya bintik atau bercak.

BACA LEBIH BANYAK: Tabir Surya Fisik Amaterasun Aman Untuk Anak-Anak Dan Dewasa

Selain itu, paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan demam yang berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh anak.

Oleh karena itu, perlindungan sinar UV dari tabir surya sangat bermanfaat dalam mencegah kerusakan sel kulit pada anak.

BACA JUGA: Sinar UV Sebabkan Kanker Kulit, Jangan Salah Pilih Tabir Surya

Penting bagi orang tua untuk selalu mengoleskan tabir surya pada anak untuk menghindari efek negatif sinar UV.

Namun, orang tua harus mengetahui cara memilih produk tabir surya beserta anjuran penggunaannya:

1. American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan penggunaan tabir surya berwarna terang hingga gelap untuk semua jenis kulit. Orang tua dapat memberikan tabir surya yang aman dan efektif untuk anak dengan SPF minimal 30. Tingkat SPF 30 memberikan perlindungan spektrum luas (UVA dan UVB) dan tidak tahan air atau tahan air selama 40-80 menit.

2. Orang tua juga sebaiknya memperhatikan formula tabir surya untuk anak. Tabir surya yang aman untuk anak adalah tabir surya fisik yang mengandung seng oksida dan titanium dioksida. Kombinasi bahan aktif ini bekerja dengan memantulkan sinar UV sehingga aman untuk kulit sensitif anak.

3. Pastikan juga tabir surya Anda tidak mengandung bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau alergi, seperti oxybenzone dan paraben (pengawet). Pasalnya, kedua bahan tersebut mengandung bahan kimia tabir surya yang menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, yang kemudian dikeluarkan dari kulit.

Ada banyak alternatif bahan alami yang bisa melindungi kulit, seperti minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak raspberry. Namun, semua bahan ini hanya mengandung sedikit SPF alami.

Oleh karena itu, tabir surya fisik tetap menjadi tabir surya yang paling efektif untuk anak. Selain menggunakan tabir surya, ada cara lain untuk melindungi anak dari sinar UV, seperti memakai alat pelindung diri seperti topi bertepi lebar, kacamata hitam, dan pakaian lengan panjang. 

Tips tabir surya yang aman untuk anak

Salah satu produk tabir surya anak terbaik yang kami rekomendasikan adalah Sunbae SPF30 PA+++ dan Sunhero SPF50 PA+++ by MSKIDS.

Kedua tabir surya ini merupakan tabir surya fisik yang bahan-bahannya didatangkan langsung dari Amerika.

Selain itu, tabir surya ini tidak diformulasikan dengan zinc oksida dan titanium dioksida, melainkan diperkaya dengan ekstrak tumbuhan lidah buaya, shea butter, calendula, dan kamomil. 

Kedua tabir surya ini tidak menyebabkan iritasi, bebas pewangi, telah teruji efektivitasnya oleh dokter kulit, dan melindungi anak dari risiko alergi.

Cara Penggunaan:

1. Lindungi anak dari sinar matahari sekitar 15-30 menit sebelum keluar rumah, agar krim mempunyai waktu terserap dan memberikan perlindungan terbaik terutama pada bagian tubuh yang terbuka. Oleskan ke telinga, tangan, kaki, bahu dan belakang leher.

2. Oleskan tabir surya setiap 2-3 jam. Namun jika anak berkeringat atau basah setelah berenang, frekuensi pengaplikasiannya dapat ditingkatkan menjadi setiap 40 menit (untuk SPF 30), atau setiap 80 menit (untuk SPF 50).

3. Anak-anak membutuhkan perlindungan UV di musim dingin atau saat mendung karena sinar UV dapat menembus awan dan menyebabkan kerusakan pada kulit. Oleh karena itu, perlindungan terhadap sinar matahari sebaiknya tidak dibiarkan selama mungkin.

4. Selalu oleskan tabir surya pada anak agar terbiasa. Seiring bertambahnya usia anak, mereka akan memahami konsep penting perlindungan terhadap sinar matahari. Perlindungan terhadap sinar UV adalah investasi jangka panjang untuk kesehatan anak.

Kunjungi MSKIDS untuk tabir surya Sunbae SPF30 PA+++ (6 bulan ke atas) dan Sunhero SPF50 PA+++ (3 tahun ke atas).  (flo/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *