Mendagri Lantik Agus Fatoni jadi Penjabat Gubernur Sumatera Utara

saranginews.com – JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik Wakil Gubernur (Pj) Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni sebagai Wakil Gubernur (Pj) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Kementerian Dalam Negeri , Senin (24/6).

Mengucap syukur kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan taufiqnya, pada hari ini Senin tanggal 24 Juni 2024, saya Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden RI melantik Saudara Agus Fatoni sebagai Wakil Gubernur Utara. Sumatera berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 70/P Tahun 2024 tanggal 21 Juni 2024 tentang pengesahan dan pengangkatan penjabat gubernur,” demikian isi pelantikan yang dibacakan Mendagri.

BACA JUGA: Inilah Kesuksesan dan Perubahan Luar Biasa Gerakan Serentak Agus Fatoni untuk Sumsel

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 70/Π Tahun 2024 tanggal 21 Juni 2024 tentang Pengesahan Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Komandan. Keputusan ini diambil di Jakarta pada 21 Juni 2024 oleh Presiden Joko Widodo dan diikuti oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian.

Melalui acara ini, pemberhentian secara hormat Hassanudin sebagai Wakil Gubernur Provinsi Sumut dikukuhkan.

BACA JUGA: Luar Biasa! 9 bulan memimpin Sumsel, Wagub Agus Fatoni raih 37 penghargaan

Di bawah bimbingan Menteri Dalam Negeri, Fatoni mengucapkan sumpah dan sumpah sesuai agama Islam.

Fatoni berjanji akan menjalankan tugasnya sebagai pejabat dan menaati Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Selain itu, ia juga menandatangani Sumpah dan Ikrar Jabatan serta Pakta Integritas.

BACA JUGA: Wakil Gubernur Sumsel Agus Fatoni gerak cepat penanganan dampak banjir di Ogan Komering Ulu

Sementara itu, pada kesempatan tersebut juga dilantik Penjabat Gubernur Sumsel menggantikan Agus Fatoni yang merupakan Tenaga Ahli Regulasi, Penegakan Hukum, dan Ketahanan Ekonomi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Elen Setiadis.

Agus Fatoni menjabat Direktur Jenderal (Dirjen) Pembangunan Keuangan Daerah (Keuda) sejak 10 Maret 2022. Namanya juga tak dikenal di kalangan birokrasi di Sumut karena beberapa kali memaparkan keuangan daerah.

Provinsi Sumatera Utara mempunyai luas wilayah 72.981 km2 dan juga mempunyai banyak potensi untuk dikembangkan. Oleh karena itu, Sumut dinilai membutuhkan pemimpin daerah yang mampu mengelola perekonomian dengan kuat.

TAgus Fatoni selaku Wakil Gubernur Sumut diharapkan dapat membawa angin segar dalam pengelolaan perekonomian daerah dan pembangunan daerah.

Sumut diperkirakan akan mengalami peningkatan signifikan dalam efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran. Sehingga pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat pembangunan daerah.

Selain pengalaman sebagai Direktur Jenderal Keuangan Daerah, Agus Fatoni juga memiliki pengalaman sebagai kepala daerah di dua provinsi. Ia dilantik menjadi Wakil Gubernur Sulawesi Utara pada 26 September 2020.

Kemudian, tiga tahun kemudian, ia juga ditugaskan memimpin Provinsi Sumsel sebagai Wakil Gubernur Sumsel pada 2 Oktober 2023.

Provinsi Sumatera Utara akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI pada 8-20 September.

Kehadiran Agus Fatoni selaku Wakil Gubernur Sumut tentunya sangat penting khususnya dalam mengelola anggaran demi mensukseskan acara ini sehingga diperlukan berbagai langkah strategis. Apalagi acara ini akan berlangsung kurang dari tiga bulan dari sekarang.

Penyelenggaraan PON di Provinsi Sumut sendiri akan mempertandingkan 34 cabang olahraga, 42 cabang olahraga dan diperkirakan diikuti 6.281 atlet dan 3.104 ofisial. Lokasi perlombaan ada 9 kabupaten/kota antara lain Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Siantar, Toba, Binjai, Langkat, Simalungun dan Samosir. (*/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *