Komitmen Defisit di Bawah 3 Persen Dinilai Mampu Meredakan Tekanan Pasar

P) benar.

Pasalnya pasca ucapan tersebut, rupiah mencapai level terkuat sebelumnya di Rp 16.427 USD sebelum akhirnya turun tipis di bawah Rp 16.433 USD. Pada akhir pekan lalu, posisi rupiah sempat menguat dibandingkan level penutupan saat ini, dengan nilai pasar Rp 16.450 USD.

BACA JUGA: Shri Mulyani luncurkan program pemberian makan gratis sesuai anggaran

Kemudian pada pukul 09.08 WIB IHSG berada di zona hijau dengan menguat 23,88 poin atau 0,35% ke 6.903. Pergerakan yang lebih kuat ke 6907 terlihat setelah pengumuman tersebut.

“Ini perlu diapresiasi karena Bu Mulyani dan Pak Prabowo harus menjaga defisit di angka tiga persen terhadap PDB,” kata Nafan, Senin (24/6).

BACA JUGA: Menteri Keuangan Sri Mulyani Ingatkan Utang Indonesia di 2025, Waspada!

Selain itu, Nafan Prabowo menyebut tim ekonomi yang dibentuk juga sudah tepat.

Ia mengapresiasi tim ekonomi yang bekerja efektif agar defisit tidak bertambah.

“Karena ke depan program pembangunan Presiden Prabowo harus terlaksana. Misalnya makan siang gratis atau ada utang yang harus dibayar. Misalnya dari zaman Pak Jokowi. Karena utang ini harus dibayar,” kata Nafan. .

Nafan berharap sentimen positif ini terus berlanjut dan partisipasi Bank Indonesia sebagai lembaga keuangan terus berlanjut.

“BI juga memperkirakan rupiah bisa turun di bawah 16 ribu pada tahun 2024 dan perekonomian kita mencapai 4,7-5,5 persen. Pernyataan ini positif dan patut diapresiasi. Ini menunjukkan sikap kuat pemerintah terhadap pasar dan pasar. akan berdampak positif pada aliran modal masuk,” ujarnya.

Oleh karena itu, Nafan yakin kepercayaan akan semakin meningkat di masa depan, artinya investor akan terus berinvestasi di Indonesia.

“BI juga bertekad untuk menerapkan triple intervensi sekaligus memperbaiki permasalahan akses pasar. Hal ini akan menguntungkan SRBI, SVBI dimana tingkat partisipasi investor terhadap instrumen ini akan meningkat,” jelas Nafan. (mcr10/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *