Kemenag Serahkan Hadiah Menulis Buku Umum Keagamaan Islam, Total Rp435 Juta

saranginews.com, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) memberikan hadiah kepada 29 penulis buku agama Islam umum.

Total hadiah uang sebesar 435 juta dram diserahkan kepada pemenang oleh Adib, Direktur Agama Islam dan Pengembangan Syariah Kementerian Agama. Setiap pemenang akan menerima 15 juta dram.

BACA JUGA: Direktur Bimbingan Islam Kementerian Agama terpilih menjadi Ketua Badan Wakaf Indonesia

Penyerahan penghargaan dihadiri oleh Noor Rahmawati, Wakil Direktur Sastra Islam, Ahmad Saduddin, Pj Direktur Departemen Agama Kuningan, dan Tzabit Latief, Ketua Juri Naskah Buku Agama Islam.

“Saya mengucapkan selamat kepada penulis terpilih atas karya mereka yang diterbitkan. “Saya harap dapat menginspirasi penulis-penulis lain untuk terus mengembangkan ekosistem literasi,” kata Adib di akhir kegiatan Lomba Menulis Buku Agama Umum Kuningan di Kuningan, Minggu (23 Juni).

Baca juga: Arab Saudi Minta Umat Islam Waspadai Iklan Haji di Media Sosial

Adib berharap dengan tersedianya kitab-kitab agama umum tersebut, dapat meningkatkan minat membaca masyarakat dan turut menjaga keberagaman.

“Kemajuan suatu negara bisa dilihat dari tingkat literasinya. Makanya terbitan pertama adalah ‘Iqra’ yang menekankan pentingnya literasi dalam Islam,” kata Adib.

Baca juga: Suryan Vidati meraih gelar PhD Manajemen Pendidikan Islam dari UMJ. Makalahnya adalah sebagai berikut.

Noor Rahmawati menambahkan, acara penganugerahan dan Biblibattle ini merupakan puncak acara Lomba Penulisan Buku Agama Islam Tahun 2024. Rangkaian acara ini dimulai pada tanggal 27 Maret 2024.

Sebanyak 443 proposal diterima pada lima topik utama. Penguatan moderasi beragama, komitmen nasional, demokrasi dan Islam, radikalisasi dan keadilan gender, yang disusun dalam 30 subtema.

“Dari proposal tersebut terpilih 30 peserta, diumumkan pada 1 April 2024 dan didukung oleh tim profesional selama dua bulan.

“Tetapi ada satu peserta yang tidak bisa melanjutkan menulis karena alasan kesehatan,” jelas perempuan yang akrab disapa Tete Nung ini.

Di bawah ini adalah daftar 29 penulis dan karyanya.

Satu. ?Media Sosial Ramah Keberagaman? membangun komunitas online yang inklusif – Heru Wijanarko?2.? “Definisi gender dalam Islam. landasan teologis dan praktik sosial – Banan Naelin Najibah.”3.? “Lima Alasan Rukun Islam Memperkuat Moderasi Beragama: oleh Ahmad Fahim dan Devi Prativ.”4.? Satu atap, empat crores. Belajar toleransi dari masyarakat Yalahattan – Syamsuar Hamka dan Muhammad Nasir Parusamahua

5.? ? Kaitan Piagam Madinah dengan Pancasila. M. Kajian Pemikiran Qureish Shihab – M. Romley : 6.? ?Orang yang bahagia beragama – Hosni Mubarok 7.? ? Menuju harmoni. memberantas konflik antara demokrasi dan Islam. Arif Zunaidi:8.? “Komunikasi Spiritual Terapi Berbasis Al-Qur’an. membentuk interaksi ramah keberagaman di media sosial; Muhammad Zaenal Arif”. 9.? ?Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Al-Qur’an – Wajihudin10.? Tafsir Kebebasan Beragama – Ahmad Fauzi

11.? ?Peran PNS dalam membangun masyarakat moderat untuk memperkuat kerukunan antar umat beragama – Isnu Hayat12.? Hanya saja, jangan menuduh saya kafir. Kritik terhadap ideologi Takfiri di Indonesia. Henky Ferdiansya dan Muhammad Masrour Irsyadi13. Melemahkan potensi radikalisasi melalui keterlibatan keluarga dalam komunitas. Muhammad Aditya Firdaus, Agus Rusvandi dan Ricky Rusvandi14. Wajah Indonesia dalam pusaran radikalisme di era metaverse perempuan. Muhammad Safrudin 15.? Peran Tokoh Agama dan Masyarakat dalam Mengurangi Kekerasan di Papua – Sayaful Muhidi

16.? ?Potel Wayang – Ibrohim Nawawi 17, menjaga warisan negara. “Seluk-beluk Formating Syariah. Dari Perspektif Ulama Terhadap Permasalahan Agama dan Budaya di Sumatera Barat – Bobby Kurniawan18. Hadits dan Hak-Hak Perempuan. Mengoreksi Pandangan Salah 40 Hadits – Gina Farhana dan Zainuddin19. Mengatasi dosa besar pendidikan dari sudut pandang Islam. intoleransi, kekerasan seksual dan legislasi – Abu Khaer20.? Kekacauan Khilafah dan Tak Terelakkannya Negara Kesatuan Republik Indonesia Seutuhnya; Jakyal Fikri Mochamad

21.? “Ayah rumah. Perspektif Kesetaraan Gender, Kajian Terhadap Laki-Laki Jawa – Abdurrohman Azzuhdi22. ? Keharmonisan keluarga dalam perspektif Islam – Gunawan Trihantoro23.? ? Perempuan dan Ruang Publik dalam Islam – Khofidatur Rofia, Hidayati dan Muhammad Arfan24. ?Pemulihan Anggota Badan Keagamaan dalam Pelatihan Rehabilitasi dan Reintegrasi – Ghrina Zikran25.? Pengikut Dakwah Belajar Islam Ramah atau Marah? -Dodi Kurniawan

26.? “Jalan perdamaian. peran umat beragama dalam dialog antaragama dan moderasi beragama; Junaidi 27. ? Generasi Muda dan Ancaman Radikalisme Online – Muttaqin28.? ? Pendidikan Islam di Lingkungan Keluarga Temperamen Beragama – Akmal Rizki Gunawan29.? “Masyarakat inklusif. Islam, kebijakan negara dan publik tanpa diskriminasi”. Arif Zunaidi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *