PT Semen Padang Kembangkan Destinasi Wisata Kampung Songket di Sawahlunto

saranginews.com, SAWAHLUNTO – PT Semen Indonesia (SIG) melalui anak usahanya, PT Semen Padang, tengah mengembangkan destinasi wisata Desa Songket di Desa Lunto Timur, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.

Pembangunan Kampung Songket dimulai pada tanggal 25 April 2024, PT Semen Padang mengadakan peletakan batu pertama secara formal pertamanan (rencana lokal) Kampung Songket yang diberi nama Kampung Dolas Songket.

Baca Juga: Idul Adha 2024, SIG Salurkan 331 Hewan Kurban di 23 Provinsi

Pahlawan lokal kelahiran Lunto Anita Dona Asri (38) merasa mendapat dukungan dari PT Semen Padang.

Sejak terjalinnya komunikasi dengan PT Semen Padang pada akhir tahun 2023, PT Semen Padang telah banyak memberikan bantuan untuk mendukung pengembangan songket dolas, seperti pelatihan pelaksanaan proyek songket berbasis digital pada Maret 2024.

Baca Juga: UNESCO Jadikan Arsip Pabrik Indarung 1 di Veerya Padang Sebagai Kenangan Dunia Kawasan Asia Pasifik

“Pelatihan yang dilakukan PT Semen Padang sangat bermanfaat dan mempercepat waktu penyelesaian proyek yang awalnya 7 hari secara manual hanya dalam waktu 3 jam. Selain itu kami juga memanfaatkan bantuan komputer dan mesin cetak. Terima kasih sangat PT Semen Padang Padang dan MR “Asha Che terus maju dan bermanfaat bagi masyarakat,” harap perempuan yang akrab disapa Donna itu.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan SIG Vita Mahareni mengatakan fokus SIG dalam mempersiapkan dan melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) adalah memanfaatkan sumber daya dan intelijen lokal, serta potensi isu-isu strategis di daerah. Menciptakan nilai dan manfaat secara berkelanjutan.

Baca juga: Pupuk Kaltim Sukses Pertahankan Properda Emas ke-9 dari Pemprov Kaltim

“Pembangunan Kampung Songket Dolas oleh PT Semen Padang merupakan langkah strategis sejalan dengan semangat keberlanjutan SIG untuk mendukung keberadaan Songket Silungkang sebagai warisan budaya bangsa dan meningkatkan perekonomian masyarakat.” kata Vita.

“Dengan kerja sama yang luas, kita akan membawa Giket Silungkang ke tingkat global dan menghasilkan penenun handal yang bisa mengharumkan nama Indonesia,” tambah Vita (chi/jpnn).

Baca artikel lainnya… SIG menciptakan peluang untuk pertumbuhan dan ekspansi bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *