Michelin Mengembangkan Ban Tanpa Udara Untuk Menjelajah Bulan

saranginews.com, Jakarta – Michelin menghadirkan ban tanpa udara yang dirancang untuk melacak bulan pada ajang Le Mans 24 Hours di Prancis.

Proyek pengembangan ban tanpa udara merupakan bagian dari program Artemis NASA.

Baca juga: Michelin Mundur dari Formula E, Ini Alasannya

Ban tanpa udara tersebut diperuntukkan bagi proyek penjelajah yang akan beroperasi di Bulan selama sepuluh tahun, membawa dua astronot, menjelajahi daerah terpencil dan mengambil sampel.

Selama misi berawak, kendaraan akan secara otomatis melakukan perjalanan ke berbagai lokasi pendaratan dan beroperasi secara mandiri.

Baca juga: Michelin Uji Coba Beberapa Ban MotoGP di Sirkuit Mandalika

Michelin menjelaskan, “Kami telah melakukan banyak penelitian untuk kendaraan bulan dan pada tahun 2021, kami akan memulai kolaborasi baru dengan Intuitive Machine Design Group dan mitranya yaitu Northrop Grumman, Boeing dan AVL, untuk mengembangkan ban untuk kendaraan Artemis Project. sedang melakukan.” , Christophe Morisseau, direktur penelitian lanjutan, mengatakan dalam pernyataan itu.

Ban ini telah dirancang dengan cermat agar mampu bertahan dalam kondisi ekstrim, seperti daya rekat, tidak permukaan, tahan abrasi, dan ketahanan rendah saat di bulan.

Baca selengkapnya: Michelin menciptakan ban khusus untuk mobil listrik

Pengembangan dilakukan di Massif Central, Prancis untuk mensimulasikan kondisi bulan sebenarnya.

Meskipun sampel batuan bulan telah dibawa kembali dari misi sebelumnya, publikasi ilmiah menjadi sumber referensi utama bagi para peneliti Michelin.

Melalui hal ini, Michelin menyadari bahwa ladang vulkanik di wilayah Auvergne Perancis – tidak jauh dari pusat Michelin di Clermont-Ferrand di Massif Central – mirip dengan Bulan dan merupakan lokasi yang baik untuk pengujian.

Morisseau mengatakan proyek tersebut diluncurkan setelah 135 misi dilakukan dalam kurun waktu 1995 hingga 2007, dan berkat desain dan produksi ban untuk proyek Pesawat Ulang-alik NASA yang dilakukan oleh Michelin.

“Hal ini mencerminkan keahlian Michelin di bidang material komposit, salah satu pilar perkembangan perusahaan, dan komitmennya untuk terus berkembang dengan selalu memperkenalkan teknologi baru,” ujarnya. (Semut/JPNN)

Baca selengkapnya… Ban motor Michelin kini dijual tanpa bungkus plastik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *