Mbak Rerie: Pemerataan Layanan Kesehatan yang Berkualitas Harus Direalisasikan

saranginews.com, JAKARTA – Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan layanan kesehatan anak yang berkualitas harus diwujudkan.

Sebab, hal ini merupakan bentuk upaya menjamin kualitas generasi penerus bangsa yang sehat dan berdaya saing di masa depan. 

BACA JUGA: Lestari Moerdijat Dukung Membangun Kemandirian & Tanggung Jawab Generasi Penerus Bangsa

“Keamanan kesehatan bagi generasi penerus bangsa harus terjamin dengan memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan adil di seluruh tanah air,” kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Minggu (23/6). 

Catatan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) se-Indonesia, saat ini akses terhadap layanan kesehatan anak yang berkualitas belum merata.

BACA JUGA: Demi Cegah Kursi Kosong, Lestari Moerdijat Minta Persyaratan PPDB untuk Sosialisasi Massal

Masih terdapat beberapa permasalahan seperti terbatasnya infrastruktur kesehatan di daerah terpencil dan minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan anak. 

Keadaan ini dikhawatirkan akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi lebih sehat dan tangguh di masa depan. 

BACA JUGA: Lestari Moerdijat mengatakan perlu komitmen kuat untuk menurunkan prevalensi stunting

Data Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), per 24 April 2024, terdapat 59.422 dokter spesialis yang terdaftar di Indonesia, yakni 53.779 dokter spesialis dan 5.643 dokter gigi spesialis.

Angka tersebut mencakup seluruh dokter dari 46 kelompok spesialis, termasuk dokter spesialis anak.

Jumlah dokter spesialis yang berpraktik di Jakarta mencapai 18,3% dari total dokter spesialis nasional.

Menurut Lestari, upaya agar setiap anak bangsa terjamin kualitas kesehatannya dalam proses tumbuh kembang harus menjadi perhatian bersama. 

“Banyak langkah strategis untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas, termasuk pemerataan dokter spesialis, harus segera dilaksanakan guna mempercepat pemberian layanan kesehatan kepada setiap anak Indonesia,” kata Rerie, sapaan akrab Lestari Moerdijat.

Rerie meyakini, mempersiapkan generasi penerus bangsa yang tangguh dalam bidang kesehatan merupakan upaya yang tidak boleh dilupakan. 

Karena berbagai tantangan yang dihadapi bangsa dan negara ke depan, maka diperlukan kesehatan jasmani dan rohani yang baik dari setiap warga negara, kata anggota Dewan Tinggi Partai NasDem itu.

Oleh karena itu, tambahnya, mengabaikan penyediaan layanan kesehatan anak yang berkualitas dan adil di negara ini dapat menurunkan ketahanan dan daya saing generasi mendatang. (Jepang)

BACA ARTIKEL LAIN… Lestari Moerdijat Ajak Semua Pihak Kendalikan TBC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *