Pupuk Kaltim Berhasil Pertahankan Properda Emas Ke-9 dari Pemprov Kaltim

saranginews.com, KALIMANTAN TIMUR – PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) kembali berhasil mempertahankan Penghargaan Properti Daerah (Properda) ke-9 Daftar Emas Pemprov Kaltim.

Pupuk Kaltim F Purwanto, Direktur Operasi, menerima penghargaan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 dari Plt Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik.

Baca juga: Pupuk Kalti Raih 2 Juara Utama di Ajang IRCA 2024

Purwanto mengatakan, penghargaan ini merupakan wujud konsistensi Pupuk Kaltim dalam menerapkan tata kelola lingkungan hidup yang konsisten dengan pemberdayaan masyarakat dalam kegiatan industri berkelanjutan.

Hal ini menjadi salah satu fokus Pupuk Kaltim yang ditinjau setiap tahun melalui kebijakan dan program strategis dengan berbagai perbaikan dan penyempurnaan.

Baca Juga: Inovasi Pupuk Rakyat Indonesia Dorong Pendapatan dan Tabungan Rp 1,3 Triliun

“Pupuk Kaltim telah mendapatkan Sertifikat Standar Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian RI, menyusul pengakuan secara nasional dengan menerima Penghargaan Industri Hijau Level 5 sejak tahun 2010,” kata Purwanto.

Lebih lanjut, Pupuk Kaltim berkomitmen untuk selalu memperhatikan proses bisnis sesuai dengan aspek pengelolaan lingkungan berkelanjutan, serta meningkatkan kontribusi pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang.

Baca juga: Jamkrindo bagikan 1.500 kupon hewan kurban kepada masyarakat

“Langkah ini juga merupakan upaya perusahaan untuk memperkuat posisinya sebagai pionir transformasi hijau pada industri pupuk dan petrokimia di Indonesia,” kata Purwanto.

Sejalan dengan Peta Jalan Kinerja Keberlanjutan, Pupuk Kaltim menargetkan penanaman 10 juta pohon pada tahun 2030 sebagai bagian dari upaya dekarbonisasi untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060.

Hal ini dicapai tidak hanya melalui program penjangkauan pemangku kepentingan dan masyarakat, namun juga dengan melibatkan karyawan dengan gagasan hutan kemasyarakatan.

Inisiatif ini juga merupakan bagian dari kerangka ESG Pupuk Katim tahap pertama yang berfokus pada pencapaian ekonomi sirkular dan carbon offsetting.

Selain hutan rakyat, Pupuk Kaltim juga mulai memanfaatkan sepeda motor dan mobil listrik untuk kegiatan operasional, PLTS Atap di perkantoran dan renovasi pabrik lama.

Sedangkan pada tahap kedua, Pupuk Kaltim akan mendorong low carbon sourcing dan carbon storage yang dibalut dengan pengembangan teknologi dan inovasi untuk mengeksplorasi sumber energi terbarukan, kata Purwanto.

Sejalan dengan hal tersebut, Pupuk Kaltim juga melakukan penghematan energi, mengurangi emisi konvensional dan gas rumah kaca, mengurangi dan memanfaatkan limbah bahan berbahaya dan beracun (LB3) serta limbah padat tidak berbahaya, yang tidak terbatas pada lingkungan dan area pabrik.

Perusahaan juga aktif berkontribusi dalam perlindungan keanekaragaman hayati dan ekosistem perairan setiap tahunnya serta fokus menyelesaikan permasalahan sampah khususnya plastik dengan inovasi terkini.

Pada saat yang sama, guna meningkatkan fokus pada kemandirian masyarakat, Pupuk Kaltim juga mengedepankan nilai budaya kearifan lokal sebagai ciri sistem sosial ekonomi terpadu yang berlandaskan kerakyatan, bumi, kesejahteraan, perdamaian dan kemitraan (5P), yang n konstan. dengan misi. dan tujuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSL).

Termasuk dukungan untuk mencapai 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang bertujuan untuk memperkuat masyarakat dan lingkungan sekitar perusahaan.

“Pupuk Kaltim menjaga upaya tersebut secara konsisten dan berkelanjutan. Baik untuk mendorong pemberdayaan masyarakat maupun berkontribusi dalam perbaikan lingkungan dengan mengedepankan tata kelola yang sesuai dengan ESG,” kata Purwanto.

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik mengapresiasi seluruh penerima Properda tahun ini dan mengimbau semua pihak meningkatkan perannya dalam pengelolaan lingkungan hidup dan menaati seluruh peraturan lingkungan hidup yang berlaku.

“Kita semua harus mempunyai tanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Kalimantan Timur harus menjadi contoh dan pelopor pengelolaan lingkungan hidup yang baik di tanah air,” kata Akmal Malik (chi/jpnn).

Baca artikel lainnya… Jelang Idul Adha 2024, SIG bagikan 331 hewan kurban di 23 negara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *