Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 jadi Ajang Promosi Sportainment Berkelas Dunia

saranginews.com, MANDALIKA – Pertamina kembali menyelenggarakan Pertamina Grand Prix Indonesia (MotoGP) 2024 dan Asian Road Racing Championship (ARRC) di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

Selain ajang olah raga, kompetisi ini juga terbukti memberikan dampak terhadap perekonomian khususnya masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

BACA JUGA: Pertamina Saham Idul Adha 4.493 Hewan Kurban

Dampaknya berupa meningkatnya minat wisatawan dan memberikan kontribusi terhadap perekonomian masyarakat Lombok, bagi pengusaha lokal dan perekonomian daerah.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, ajang Pertamina Grand Prix Indonesia-MotoGP 2024 dan ARRC bukan hanya ajang balap motor kelas dunia. Menurut Menteri Erick, ajang kelas dunia ini juga menjadi peluang besar bagi sport pariwisata Indonesia. yang berpotensi menjadi penyumbang devisa negara yang signifikan.

BACA JUGA: Go Global, Pertamina menduduki peringkat ketiga perusahaan terbesar di Asia Tenggara Fortune 500

Beberapa tahun terakhir, Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika terbukti mampu mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional dan berkontribusi mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

“Kita berpeluang menarik perhatian dunia dan memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat dan perekonomian lokal, serta memperkuat posisi The Mandalika sebagai ‘The Ultimate Lifestyle Sportstainment Destination’,” kata Menteri Erick dalam keterangan resmi. , Sabtu (22/22). 6). ).

BACA JUGA: Ditenagai Pertamax Turbo, Sean Gelael Raih Runner-Up Kelas LMGT3 di 24 Hours of Le Mans

Erick optimistis ARRC dan Pertamina Grand Prix Indonesia-MotoGP tidak hanya menjadi ajang balap motor, tapi juga menjadi peluang emas untuk mempromosikan Indonesia, khususnya Mandalika, sebagai destinasi olahraga kelas dunia.

Wakil Direktur Jenderal PT Pertamina (Persero) Wiko Migantoro mengatakan balapan MotoGP 2023 tahun lalu telah menorehkan sejarah bagi Mandalika dengan total pengunjung 103 ribu atau setara dengan peningkatan omzet 50 Pertamina. UMKM yang mencapai Rp. 700 juta orang menghadiri acara internasional tersebut.

“Pada tahun 2024, Pertamina masih akan berpartisipasi di lebih dari 50 UMKM dan diharapkan dapat berkontribusi lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya terhadap perekonomian daerah,” jelas Wiko.

Wiko mengatakan keterlibatan Pertamina merupakan wujud komitmen menghadirkan motorsport internasional ke Indonesia dengan harapan dapat membuka peluang pengembangan bisnis dalam skala global, serta mendorong pertumbuhan perekonomian nasional di masa depan.

Selain itu, Pertamina melalui anak usahanya, Pertamina Lubricants, juga mengikuti MotoGP sebagai partner VR46 Racing Team dengan nama Pertamina Enduro VR46 Racing Team.

Kerja sama World Class Partnership ini merupakan langkah Pertamina untuk terus menjadi pemain utama di dunia otomotif internasional.

Hal ini menjadi bukti bahwa VR46 Racing Team dan Valentino Rossi menaruh kepercayaan besar terhadap Pertamina Enduro yang berkualitas internasional.

“Tim VR46 Racing merupakan tim balap milik Valentino Rossi. Kerjasama VR46 dan Pertamina akan dimulai pada tahun 2024 hingga 2026 (tiga tahun) dengan memboyong produk andalan Pertamina yaitu Pertamina Enduro,” jelas Wiko.

Dalam kesempatan yang sama, Vice President Corporate Communications PT Pertamina (Persero) menambahkan, selain menjadi tuan rumah, pada tahun 2024 ini Pertamina juga akan mengikuti ajang MotoGP dengan diikuti oleh Pertamina Enduro VR46 Racing Team.

“Kami mendukung penuh perhelatan Grand Prix Pertamina Indonesia 2024 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika kebanggaan Tim MotoGP Tim Balap Pertamina Enduro VR46 Racing Team. Semoga bisa meraih hasil terbaik di Mandalika nanti,” kata Fadjar.

Pertamina sebagai perusahaan terdepan di bidang transisi energi berkomitmen mendukung target Net Zero Emissions 2060 dengan terus mendukung program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environment, Social and Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasional Pertamina. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *