E-commerce Berlomba Tingkatkan Kepuasan Konsumen, Shopee yang Paling Unggul

saranginews.com, JAKARTA – Pelaku e-commerce Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan TikTok Shop terus meningkatkan daya saingnya melalui inovasi fitur dan software.

Hal ini bertujuan untuk lebih meningkatkan pengalaman belanja online sehingga konsumen mendapatkan pengalaman berbelanja yang memuaskan secara keseluruhan.

BACA JUGA: PHK Tokopedia jangan dijadikan alasan kemerosotan perusahaan

Dalam lanskap persaingan yang dinamis di Indonesia saat ini, platform manakah yang berhasil memberikan pengalaman belanja online paling memuaskan kepada masyarakat?

Di bawah ini adalah hasil survei IPSOS “Pengalaman dan kepuasan belanja online di e-commerce”.

BACA JUGA: Shopee Live tetap menjadi pilihan fitur terlaris bagi brand lokal dan UMKM

Penelitian ini mencakup responden yang rutin berbelanja online melalui berbagai situs e-commerce yang tersedia di Indonesia. Untuk mengetahui aspek mana saja yang mempengaruhi pilihan konsumen dalam merasakan pengalaman berbelanja secara utuh.

Survei IPSOS yang dilakukan dengan metode panel online menunjukkan bahwa Shopee unggul dalam memberikan dan menawarkan tingkat kepuasan tertinggi dalam pengalaman belanja online.

BACA JUGA: Pengusaha Indonesia akan menjadi tuan rumah MCS 2024

Keunggulan Shopee dalam tingkat kepuasan didukung oleh data bahwa konsumen merekomendasikan Shopee (62%) sebagai pilihan pertama kepada kerabat dekatnya, disusul Tokopedia (46%), TikTok Shop (42%) dan Lazada (36%).

Temuan ini mengukuhkan posisi terbaik Shopee di e-commerce dan memberikan pengalaman berbelanja paling memuaskan kepada konsumen.

Andi Sukma, Managing Director IPSOS Indonesia, mengatakan, “Melalui survei IPSOS ini, kami ingin mengetahui platform marketplace mana yang dipilih pengguna berdasarkan tingkat kepuasannya dan aspek apa saja yang mempengaruhi pilihan tersebut.”

Tampaknya Shopee unggul dalam semua aspek yang dicari ketika berbelanja melalui platform e-commerce, jauh di depan platform lainnya.

Salah satu kemudahan yang ditawarkan platform e-commerce adalah beragamnya metode pembayaran. 64% responden menilai Shopee sebagai platform e-commerce dengan pilihan pembayaran terbanyak, diikuti oleh Tokopedia (15%), Lazada (11%) dan TikTok Shop (8%).

Berdasarkan temuan tersebut, salah satu metode pembayaran yang paling menonjol adalah Cash on Delivery (COD) yang didominasi oleh Shopee sebesar 66%, disusul Tokopedia & Lazada sebesar 12% dan terakhir TikTok Shop sebesar 10%. %. .

Selain kelengkapan produk, konsumen juga memilih platform e-commerce dengan harga terendah, dengan Shopee memimpin dengan 64%, mengungguli Lazada (13%), Tokopedia (12%) dan TikTok Shop (11%).

Keunggulan Shopee juga didukung oleh program khusus Jaminan Harga Rendah (GHT), yang diakui oleh 74% responden sebagai yang terbaik.

Sementara itu, platform lain mencatat korelasi yang lebih rendah, antara lain harga termurah yaitu Lazada (49%), Tokopedia (47%) dan Tiktok Shop (37%).

Shopee (66%) masih menjadi e-commerce dengan layanan pengiriman terlengkap, disusul Tokopedia (16%), Lazada (10%) dan TikTok Shop (7%).

IPSOS juga menemukan bahwa 63% responden menilai Shopee sebagai salah satu situs e-commerce teratas untuk layanan live streaming, diikuti oleh TikTok Shop (17%), Tokopedia (10%) dan Lazada (9%). Selain itu, pada indikator e-commerce dengan fitur video pendek paling menarik, Shopee juga unggul jauh dengan 61%, disusul TikTok Shop (18%), Tokopedia (10%) dan Lazada (9%).

“Berbagai aspek yang menjadi fokus konsumen ketika mengukur tingkat kepuasan yang ditawarkan oleh platform belanja online mencerminkan dinamika e-commerce saat ini, dimana para pelaku e-commerce harus terus berinovasi untuk memenuhi ekspektasi masyarakat yang semakin meningkat. Berdasarkan data yang ditemukan IPSOS, dapat disimpulkan bahwa Shopee merupakan e-commerce terbaik dalam upayanya memberikan pengalaman berbelanja paling memuaskan kepada penggunanya, kata Andi.

Survei IPSOS yang dilakukan pada awal Juni 2024 juga mengungkap sejumlah aspek yang menjadikan Shopee terdepan dalam keamanan dan kenyamanan belanja online.

Dalam studi ini, IPSOS menemukan bahwa Shopee (60%) adalah aplikasi belanja online atau e-commerce terbaik dalam hal kecepatan pengiriman, diikuti oleh Tokopedia (16%), Lazada (13%) dan TikTok Shop (9%) yang merupakan aplikasi terbaik dalam hal kecepatan pengiriman.

Maka tak heran jika program On-Time Guarantee merupakan komitmen Shopee dalam memberikan jaminan waktu pengiriman kepada penggunanya.

Program jaminan tepat waktu yang dilakukan oleh Shopee merupakan yang paling dikenal oleh 71% responden, jauh mengungguli program serupa dari platform e-commerce lain seperti Tokopedia (43%), Lazada (37%) dan TikTok Shop (27%).

Begitu paket sampai, terkadang terjadi hal-hal di luar kendali yang mengharuskan pembeli mengembalikan pesanan kepada penjual.

Oleh karena itu, kebijakan pengembalian yang sederhana juga dianggap penting untuk melengkapi pengalaman berbelanja pengguna secara menyeluruh.

Melihat layanan jaminan pengembalian gratis, 66% pengguna berpendapat bahwa Shopee memiliki proses pengembalian tercepat dibandingkan Tokopedia (15%), Lazada (11%) dan Tiktok Shop (8%).

Program jaminan retur gratis dari Shopee juga diakui secara luas oleh 77% responden, jauh lebih tinggi dibandingkan program serupa di platform e-commerce lain seperti Tokopedia (47%), Lazada (44%) dan TikTok Shop (31%). .

“Dari data yang dikumpulkan dan disajikan dalam penelitian ini, terlihat jelas bahwa Shopee memahami pentingnya memberikan pengalaman belanja online lengkap yang memuaskan masyarakat dari awal hingga akhir,” ujarnya.

“Shopee tidak hanya menawarkan metode pembayaran yang beragam, produk yang lengkap, harga termurah dan beragam layanan pengiriman cepat serta proses pengembalian yang mudah, tetapi juga menggunakan fitur interaktif seperti live streaming dan video pendek untuk meningkatkan keterlibatan dan kepuasan konsumen. “Semua aspek tersebut menjadikan Shopee Indonesia sebagai platform e-commerce yang paling dipercaya dan diinginkan pengguna,” ujarnya (chi/jpnn).

BACA ARTIKEL LAINNYA… Pupuk Kaltim Sukses Pertahankan Harta Emas ke-9 Pemprov Kaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *