BRI Jadi Institusi Keuangan Nomor 1 di Indonesia dan Peringkat 4 di Asia Tenggara

saranginews.com, JAKARTA – Media keuangan terkemuka dunia Fortune mengumumkan daftar Fortune Southeast Asia 500 untuk pertama kalinya pada Selasa (18 Juni).

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI, dalam daftar Fortune Southeast Asia 500 menduduki peringkat nomor satu industri perbankan dan keuangan di Indonesia, sedangkan di Asia Tenggara, BRI menduduki peringkat empat dalam kategori pembiayaan.

Baca juga: BRI tawarkan pembiayaan ramah lingkungan KPR sebagai komitmen ekonomi hijau

Secara keseluruhan, BRI menduduki peringkat ke-15 dari 500 perusahaan yang masuk dalam daftar tersebut. Menurut Fortune, BRI memiliki pendapatan $14,9 miliar, laba $3,9 miliar, dan aset $127,6 miliar.

Daftar ini mencakup 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang dievaluasi berdasarkan pendapatan, laba, dan aset.

Baca juga: Panen Simpad Kembali, Tabungan BRI Makin Menggembirakan

Pemeringkatan ini mencakup perusahaan dari 7 negara di Asia Tenggara: Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, dan Kamboja.

Indonesia mendominasi dengan 110 perusahaan. Disusul Thailand dengan 107 perusahaan.

Malaysia sebanyak 89 perusahaan dan Singapura sebanyak 84 perusahaan. Selain itu, Vietnam memiliki 70 perusahaan dalam daftar, Filipina 38 perusahaan, dan Kamboja 2 perusahaan.

Editor Senior Fortune Asia Clay Chandler mengatakan Fortune Southeast Asia 500 mencerminkan kawasan Asia Tenggara yang dinamis dan berubah dengan cepat, sebuah kawasan yang perekonomian utamanya tumbuh lebih cepat dibandingkan Eropa atau Amerika Serikat.

“Hal ini sebagian disebabkan oleh peran Asia Tenggara yang jauh lebih penting dalam perekonomian global, dan sebagian lagi disebabkan oleh fakta bahwa sekitar 500 perusahaan multinasional telah berpindah beberapa jaringan,” kata Clay. /6).

Pencapaian tersebut melengkapi prestasi BRI yang sebelumnya juga mendapat pengakuan di kancah internasional. Forbes menobatkan BRI sebagai perusahaan terbesar di Indonesia dalam Forbes The Global 2000 tahun 2024.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, dalam konteks ketidakstabilan perekonomian global dan era suku bunga tinggi, keberhasilan BRI mendapat pengakuan dari Forbes dan Fortune membuktikan bahwa dunia internasional mengakui dan mengapresiasi respon strategis yang dilakukan BRI dalam menghadapi tantangan.

“Hal ini terbukti berhasil menjadi landasan kinerja positif BRI yang merupakan pemimpin industri perbankan di Indonesia,” kata Sunarso (jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *