Bicara Kasus Vina, Menko Polhukam Singgung Integritas Kompolnas Menjaga Polri

saranginews.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto memastikan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) akan mengawasi langsung pengusutan kasus pembunuhan Vina Dewi Arsita dan Muhammad Rizky alias Eky di Cirebon tahun 2016.

Menko Militer yakin Kompolnas akan menunaikan tugasnya mengawasi kerja Polri, termasuk penyidikan kasus Vina hingga persidangan.

BACA JUGA: Kasus Vina tuduh Hotman Paris terima suap dari Bupati Cirebon Wow

“Kalau kasus Vina, saya minta Kompolnas turun ke lapangan, kemarin dia berangkat,” kata Menko Militer, Jumat, dalam konferensi pers yang digelar di kantor Kemenko Polhukam. Republik Indonesia di Jakarta. (21/6) .

Kompolnas juga telah mendengarkan dan menerima gelar perkara tersebut, dan rencananya sidang pendahuluan akan dilakukan pada 24 Juni, lanjutnya.

BACA JUGA: Jaksa Agung angkat bicara soal penuntutan kasus Vina Cirebon

Mantan Panglima TNI ini menyoroti Kompolnas serius menjalankan fungsi pengawasan kerja Polri pada isu yang saat ini menjadi perhatian publik.

“Saya yakin ini Kompolnas, mereka melindungi polisi dengan integritas yang tinggi,” kata Menko Hádi.

BACA JUGA: Nasib Pegi Setiawan dalam Kasus Vina, Irjen Szandi Sebut Nama Robi Irawan

Dalam struktur keanggotaan Komisi Kepolisian Nasional tahun 2020-2024, menteri koordinator yang bertanggung jawab di bidang politik, hukum, dan keamanan Republik Indonesia menjabat sebagai ketua merangkap anggota Komisioner Kepolisian Republik Indonesia.

Setelah itu, Menteri Dalam Negeri selaku Wakil Ketua dan Anggota, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia mewakili unsur Pemerintah, dan Benny J. Mamoto selaku Komisaris Polisi Nasional pada hari itu.

Terkait pengusutan kasus Vina, Polda Jabar menyerahkan berkas pembunuhan Vina dan Ekya ke Kejaksaan Agung Jabar, Kamis (20 Juni).

Kabid Humas Polda Jabar Kompol Jules Abraham Abast di Bandung, Kamis, mengatakan pihaknya juga sudah melengkapi berkas tersangka utama Pegi Setiawan alias Perong. diserahkan ke kejaksaan.

Penyidik ​​Polda Jabar hingga kini telah memeriksa 68 saksi dalam kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon, setelah hampir delapan tahun kasus tersebut belum tuntas terungkap.

Dia mengatakan, penyidik ​​telah meminta puluhan saksi untuk memberikan kesaksian dan menjalani tes psikologi forensik (ant/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *