Peringkat Indeks Kinerja Pariwisata Indonesia Meningkat, Ini Harapan Lestari Moerdijat

saranginews.com, Jakarta – Peringkat Indonesia dalam Indeks Kinerja Pariwisata atau Tourism Tourism Development Index (TTDI) menduduki peringkat kedua tertinggi di Asia Tenggara tahun ini.

Terkait hal tersebut, Wakil Ketua MPR Lestari Mordijat berharap peningkatan TTDI Indonesia dapat mendorong proses pembangunan pariwisata berkelanjutan di Tanah Air.

Baca Juga: Dengan dukungan sektor pariwisata, pengamat optimistis perekonomian nasional akan bangkit di era Prabowo

“Meningkatkan apresiasi terhadap sektor pariwisata nasional harus menjadi modal kita untuk mewujudkan percepatan pembangunan sektor pariwisata berkelanjutan,” kata Lestari Mordizat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/6).

Forum Ekonomi Dunia (WEF) menerbitkan TTDI pada Mei lalu dan menempatkan Indonesia pada peringkat 22 dari 119 negara.

Baca Juga: Sayreef Hassan: Ide besar SBY adalah menggali lebih banyak potensi pariwisata

Pada tahun 2021, lokasi ini bertambah 10 peringkat dibandingkan TTDI Indonesia.

Indonesia dinilai unggul dalam beberapa hal, seperti preferensi perjalanan pariwisata, keberlanjutan permintaan, sumber daya alam, dampak sosial dan ekonomi, serta sumber daya budaya.

Baca Juga: Wakil Presiden MPR dukung peningkatan investasi untuk membangun pariwisata berkelanjutan

Menurut Lestari, peluang kenaikan peringkat TTDI ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mempercepat proyek pembangunan beberapa kawasan pariwisata di Indonesia.

“Proses ini harus dilandasi perencanaan yang matang dan menyeluruh sehingga pengembangan beberapa kawasan wisata akan memberikan dampak positif terhadap aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan masyarakat sekitar,” kata Riri yang akrab disapa penjual itu. .

Anggota Panitia X DPR Daerah Pemilihan II Jawa Tengah ini mengatakan, konsep pembangunan pariwisata berkelanjutan harus menjadi acuan dalam proses pembangunan.

Jadi apa yang kita capai di sektor pariwisata saat ini akan terasa dalam jangka panjang, tegasnya.

Riri sangat berharap seluruh pihak baik pemangku kepentingan baik pusat maupun daerah serta masyarakat berperan aktif dalam menjaga lingkungan hidup dan meningkatkan kualitas kawasan pariwisata, sehingga sektor pariwisata nasional dapat memberikan manfaat seluas-luasnya bagi seluruh masyarakat Indonesia. . (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *