Laba Bersih Capai Rp 1,8 Triliun, Hutama Karya Jadi BUMN Infrastruktur Terbaik di Indonesia & 183 Asia

saranginews.com, JAKARTA – PT Hutama Karia (Hutama Karia) berhasil menjadi peringkat 183 dari 500 perusahaan terbesar dan terbaik di Asia Tenggara dalam pemeringkatan Fortune Southeast Asia 500 2024.

Pada kategori BUMN infrastruktur di Indonesia, Hutama Karia menempati peringkat tertinggi dibandingkan BUMN infrastruktur lainnya seperti PT Wijaya Karia di peringkat 203, PT Jasa Marga di peringkat 213, PT Adhi Karia di peringkat 225, dan PT Pembangunan Perumahan di peringkat 237.

BACA JUGA: PT Hutama Karia tampil di Forum Air Dunia ke-10

Executive Vice President, Corporate Secretary Hutama Karia, Adjib Al Hakim, mengatakan pencapaian tersebut diraih berkat konsistensi perseroan dalam meningkatkan kinerja keuangan dan transformasi perseroan selama beberapa tahun terakhir.

“Pengakuan ini merupakan bukti pengakuan global terhadap transformasi komprehensif perusahaan, mulai dari aspek finansial, hingga pengembangan bisnis dan investasi.” Banyaknya kontrak baru dan aksi korporasi besar seperti kerja sama investasi dua ruas Tol Trans Sumatera pada Juni 2023 telah memberikan kontribusi pendapatan yang cukup signifikan bagi perseroan, kata Ajib dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6 /21).

BACA JUGA: Idul Adha 2024, SIG menyalurkan 331 kurban di 23 provinsi

Adjib mengatakan, selain peningkatan kinerja keuangan dan transformasi korporasi yang kuat, pencapaian tersebut diraih berkat keberhasilan bersama yang dilandasi kerja sama seluruh karyawan Hutama Karia, serta dukungan pemangku kepentingan terhadap perseroan dalam menghasilkan infrastruktur yang berkualitas. , khususnya dalam penyelesaian pembangunan gedung. Tol Trans Sumatera.

“Pada tahun 2023, perseroan berhasil membukukan pendapatan sebesar $1.768,6 juta atau Rp26,93 triliun dengan laba bersih sebesar Rp120,1 juta Rp1,872 triliun atau tumbuh signifikan sebesar 500,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.” “Hutama Karia juga memiliki aset perusahaan Konsolidasi.” sebesar 11,026 juta dollar atau Rp. Tercatat 169,74 triliun dengan total serapan angkatan kerja sebanyak 1.714 orang,” tambah Adjib.

BACA JUGA: Bendungan Ameroro karya PT Hutama Karia membawa banyak manfaat bagi masyarakat

Sebagai salah satu penghargaan paling bergengsi di kancah internasional, Fortune 500 merupakan pemeringkatan 500 perusahaan terbaik di dunia sebagai ajang tahunan yang diadakan majalah Fortune sejak tahun 1955.

Fortune 500 di Asia Tenggara ditentukan berdasarkan hasil laporan keuangan masing-masing perusahaan pada tahun fiskal 2023 dengan pendapatan minimal USD 460,8 juta, total laba setelah pajak, dan total aset dikonversi ke USD.

Berdasarkan daftar Fortune Southeast Asia 500, Hutama Karia termasuk dalam BUMN dengan pertumbuhan laba tertinggi pada tahun 2023 (500,5%), dan total aset sebesar $11,026 juta merupakan yang tertinggi dibandingkan BUMN klaster infrastruktur lainnya.

“Keberhasilan Hutam Karia masuk dalam Fortune Southeast Asia 500 menunjukkan sinergi yang luar biasa dengan visi perusahaan untuk menjadi pengembang infrastruktur terkemuka di Indonesia (#IMVID). “Kedepannya kami akan terus meningkatkan kualitas pembangunan infrastruktur, meningkatkan dan mempertahankan kinerja perusahaan,” kata Adjib (chi/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *