Keterlibatan Aktif Masyarakat Berperan Penting Dalam Pembangunan IKN

saranginews.com, MAKASSAR – Departemen Komunikasi dan Informatika Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berupaya menciptakan dialog dan melibatkan masyarakat aktif dalam pengembangan Pojok Literasi CreativeTalks IKN. topik “Sejauh mana perkembangan IKN?” Makassar, Sulawesi Selatan.

Septriana Tangkari, Direktur Informasi dan Komunikasi Ekonomi dan Maritim Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika berperan penting dalam perancangan sistem jaringan Internet dan pengembangannya. dari jaringan elektronik. sistem negara. SPBE) dan penyediaan Pusat Data Nasional (PDN).

Baca Juga: Pemerintah Minta Jangan Terlalu Banyak Gunakan APBN untuk Pembangunan IKN

“PDN digunakan untuk menampung sistem elektronik dan komponen terkait lainnya untuk penyimpanan, penyimpanan, pemrosesan, dan pengambilan data serta digunakan dan dihubungkan oleh instansi pusat dan pemerintah daerah secara umum. PDN tersebut berlokasi di tiga lokasi, salah satunya akan berlokasi di tiga lokasi. dibangun di Bekas, Batam dan IKN,” kata Septriana.

Ia juga mengatakan banyak berita atau informasi tentang perkembangan IKN yang tidak benar atau bahkan bohong.

Baca juga: Cominfo: Pembangunan Ibu Kota Nusantara Perlu Partisipasi Masyarakat

Untuk mengatasi tantangan ini, pemerintah tidak akan lelah untuk terus berkomunikasi dengan masyarakat secara rahasia.

“Cara membedakan kebenaran dari kebohongan adalah dengan menumbuhkan rasa ingin tahu, jangan menyebarkan berita tanpa mengecek kebenarannya terlebih dahulu.” Maka hati-hati dengan headline yang provokatif, perhatikan keaslian foto, cek keaslian beritanya, dan jika menemukan berita bohong di website aduankonten.id dan jejaring sosial aduankonten segera lapor ke Kementerian Komunikasi dan Informatika. Informasi. Media,” kata Septriana.

Baca Juga: Pelita Air Raih Penghargaan Internasional di GovMedia Conference and Awards 2024

Sekaligus, dia menegaskan, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Dukungan masyarakat sangat diperlukan untuk menyebarkan fakta dan berita positif tentang perkembangan IKN.

Firmananuri, Kepala Kantor Sumber Daya Manusia dan Humas Otoritas Ibu Kota Kepulauan (OIKN), mengingatkan, pengembangan IKN mengedepankan prinsip hijau atau ramah lingkungan. Sekitar 70% wilayah IKN masih berupa hutan. 

Lebih lanjut, pengembangan IKN tidak hanya melibatkan infrastruktur tetapi juga penguatan sumber daya manusia (SDM) melalui pengembangan keterampilan dan pelatihan. 

“Pelatihan berbasis keterampilan digital untuk kelas coding dan pelatihan panel surya seperti KKK, kelas memasak, kelas barista, kelas menjahit, kelas hidroponik dan pemberdayaan digital,” jelas Firmananur.

Firmananuri menegaskan, pengembangan IKN tidak berhenti pada tahun 2024, melainkan akan terus berlanjut dalam jangka panjang hingga tahap kelima hingga tahun 2045.

“Sesuai investasi keenam, total investasi yang dihasilkan mencapai Rp 51,35 triliun dan akan terus bertambah,” jelas Firmananuri.

Pojok Literasi CreativeTalks “Seberapa jauh perkembangan IKN?” akan bertemu dengan Influencer mengenai masalah ini. Kami berharap dapat mengajak masyarakat untuk turut serta menyebarkan informasi positif tentang perkembangan IKN (chi/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *