Kemnaker Bersama SDK Siap Kolaborasi dengan Data Regsosek

saranginews.com, JAKARTA – Melalui Pengembangan Data (SDK), Kementerian Ketenagakerjaan (Kmenker) siap bekerja sama menggunakan sistem data Registrasi Sosial Ekonomi (REGOSEC) milik Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bapena.

Hal itu disampaikan Menteri Sumber Daya Manusia Ida Fauzia pada peluncuran sistem data Regoseq bertajuk ‘Pemanfaatan Regoseq untuk Mengelola Program Pengembangan Ketenagakerjaan’ yang diselenggarakan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPENAS di Gedung Dhanpala. Uang, Jakarta, Kamis (20/6).

Baca juga: Indonesia Gabung GCSJ, Ini Harapan Anwar Sanusi, Sekjen Kementerian ESDM.

“SDK Kementerian Ketenagakerjaan siap bekerja sama dan berintegrasi dengan data Regoseq. Oleh karena itu, baik Regoseq maupun SDK dapat saling melengkapi dan meningkatkan informasi satu sama lain,” ujar Menteri HRD dalam paparan Kementerian PPN Estarti Haryana, Badan Pengembangan Kementerian. kata Tenaga Kerja. .

Departemen Sumber Daya Manusia mengucapkan terima kasih kepada tim BAPENAS REGOSEC dan staf Pusat Teknologi Data yang telah memulai kerjasama ini.

Baca Juga: Menteri ESDM Ida: Pengorbanan Bukan Sekedar Ritual, Tapi…

Mereka mencoba mencocokkan data Regoseq dengan data ketenagakerjaan di Kementerian Ketenagakerjaan 

Estarti mengatakan, ada dua data yang dianalisis di sini, yaitu data peserta Program Pekerja Mandiri (TKM) dan peserta pelatihan berbasis kompetensi (PBK).

Baca Juga: Menaker Ida: Program Demigrasi Keren, Manfaatnya Terus

Hal ini memastikan bahwa hasil pengujian konsisten dengan data yang dikelola oleh Kementerian Tenaga Kerja dan data Regoseq

 Pada tahun 2023, dari data TKM Kementerian Sumber Daya Manusia, dari data Regoseq dipastikan terdapat 483 orang penyandang disabilitas.

Sementara itu, hasil uji perbandingan data Kementerian Ketenagakerjaan dan data Regoseq menegaskan bahwa program PBK mencakup penyandang disabilitas.

Data PBK tahun 2023 di Kementerian Sumber Daya Manusia, data Regoseq menyebutkan penyandang disabilitas sebanyak 622 orang.

Kementerian Pelayanan Kemanusiaan berharap ke depannya RegoSec dapat digunakan sebagai alat pemutakhiran data dan pengelolaan SDK agar data tersedia di sumber data dan lingkungan digital SIAPkerja.

Estiarti mengatakan, proses integrasi antara SIAPkerja dan SEPAKAT diharapkan dapat segera dilaksanakan setelah penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dalam program tersebut. (jpnn)

Baca selengkapnya Berita AD… Menteri Pelayanan Kemanusiaan Ida Fauzia optimistis PMI akan menjadi pemberi kerja terbesar di Belanda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *