Jadi Tuan Rumah NSDC SMA, Unika Atma Jaya Dukung Pendidikan Holistik

saranginews.com, JAKARTA – Indonesia Talent Development Center (BPTI) menggelar kompetisi debat bahasa Inggris tingkat nasional di Universitas Katolik Indonesia (UNICA) Atma Jaya.

Perhelatan akbar Turnamen Debat Sekolah Nasional (MPPK) 2024 akan dilaksanakan pada Kamis hingga Senin 20-24 Juni 2024 di Auditorium Gedung Eustens Lantai 15 Kampus Semangi.

Baca Juga: FEB Unica Atma Jaya Selenggarakan Konferensi Internasional Peluang Teknologi AI untuk Lingkungan

Ajang ini merupakan upaya menjaring siswa berprestasi yang nantinya akan mengikuti World School Debating Championship (WSDC) tingkat internasional. 

Tahun ini NSDC mengusung tema “Speak your mind, speak for Indonesia” dan diikuti oleh 36 tim regional dan 1 tim dari sekolah asing di Indonesia. 

Baca Juga: Selamat! Mahasiswa Unika Atma Jaya menjadi Finalis Grand Final EFL di WUDC 2024

Topik ini dipilih agar peserta dapat menyuarakan pendapatnya dan berkontribusi dalam pembahasan isu-isu terkait situasi terkini di Indonesia. 

Rektor Yunika Atma Jaya, Prof. Yuda Turana, Sp.S(K) mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari pendidikan komprehensif yang ditawarkan Yonika Atma Jaya. 

“Kami sangat bangga menjadi tuan rumah NSDC 2024. Kami yakin melalui kompetisi ini, peserta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis yang sangat penting untuk menghadapi tantangan masa depan,” ujar Guru Besar. Jumat Jumat (21/6).

Unika Atma Jaya menaruh harapan besar terhadap dampak positif dari kegiatan ini.

Profesor Yoda menyampaikan melalui MPPC diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan komunikasi, belajar bekerja sama dalam tim, dan meningkatkan rasa percaya diri. 

Selain itu, kompetisi ini juga diharapkan dapat meningkatkan semangat persatuan dan solidaritas antar peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Unika Atma Jaya juga berharap kompetisi ini dapat menjadi langkah awal para peserta untuk meraih kesuksesan di tingkat internasional.

Acara ini juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menunjukkan ketrampilan dan kreativitasnya dalam berdiskusi mengenai berbagai isu global terkini. 

Prof. Lebih lanjut Yoda mengatakan melalui kompetisi ini diharapkan para siswa mampu berpikir kritis dan mengembangkan kemampuannya di segala bidang kecerdasan secara komprehensif dan seimbang.

“Kami ingin memberikan fasilitas yang kuat kepada mahasiswa agar bisa bersaing di WSDC dan membawa nama baik Indonesia di kancah dunia,” tambah guru besar tersebut. Yahudi

Kepala Puspresnas dan Pelaksana Bpk. BPTI Dr. Maria Veronica Irene Herdgiono, SA, MSc. Pihaknya juga berharap agar ajang bergengsi ini menjadi ajang praktik dan mendorong mahasiswa memperoleh ilmu yang lebih luas guna menjawab tantangan global. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Yonika Atma Jaya yang telah menyelenggarakan MPPC 2024 dengan baik. Kami berharap segala upaya dan motivasi ini dapat membantu para peserta muda untuk menambah ilmu dan meraih kesuksesan khususnya di bidang debat.” generasi muda berkualitas yang mampu bersaing di tingkat global,” ujar Dr. Veronica.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *