Furnitur & Komponen Bangunan Masih Diminati di Pasar Global, Mendag: Ini Prestasi di Situasi Sulit

saranginews.com, SIDOARJO – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan mengekspor produk Indonesia ke luar negeri dalam kondisi sulit merupakan prestasi yang membanggakan.

Untuk itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hassan mengapresiasi para pelaku usaha yang mampu dan konsisten mengekspor produknya.

Baca Juga: Seni Kaligrafi Desa Lengkong Berpotensi Tembus Pasar Global 

Salah satunya, Integra Group yang terus melakukan ekspor berkelanjutan, termasuk produk furnitur dan elemen konstruksi.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hassan saat melepas 11 kontainer furnitur dan elemen bangunan produksi Integra Group senilai 440 ribu dolar, Rp 7,2 miliar ke Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Indometal bertujuan menjadikan pertambangan Indonesia kompetitif di pasar global

Edisi ekspor berlangsung di salah satu pabrik PT. Integra Indocabinet TBK di Sidoarjo, Jawa Timur, hari ini, Kamis (20/6).

Integra Group merupakan perusahaan berorientasi ekspor yang telah beroperasi selama 35 tahun dan melakukan ekspor ke berbagai negara di dunia.

Baca Juga: Pupuk Organik Sragen Masuk Pasar Global, Turima Isi Lowongan 

Kelanjutan ekspor di tengah semakin ketatnya hambatan perdagangan dunia merupakan kabar baik dan dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hassan mengatakan: “Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi dan mengapresiasi pencapaian Integra Group. Semoga perusahaan lain dapat mengikuti jejaknya.”

Menteri Perdagangan Zulkifli Hassan juga memuji Integra Group yang memiliki kantor perwakilan di Houston, Texas.

“Perusahaan ini bisa mencatatkan pertumbuhan bisnis 10-20 persen, apalagi bahan bakunya berasal dari Indonesia,” kata Mendag.

Selain itu, Integra Group juga memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat karena merupakan perusahaan padat karya yang mempekerjakan ribuan karyawan.

“Sehingga menambah nilai, menyediakan lapangan kerja, dan menghasilkan devisa,” kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Hadir dalam acara tersebut, Chairman Director Integra Group Haleem Rusli dan Direktur Pemasaran Integra Group Vijaya Rusli. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yakni terkait plotnya.

Suhanto, Sekretaris Utama Kementerian Perdagangan, P.L.T. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Mardyana Listyowati, Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Arief Wibisono dan perwakilan Pusat Ekspor Surabaya.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hassan juga memuji peran Pusat Ekspor Surabaya dalam mendorong peningkatan ekspor khususnya ke Jawa Timur dan Bali.

Pusat Ekspor Surabaya merupakan lembaga di bawah Direktorat Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan yang membantu pelaku perdagangan dalam memperluas pasar dan meningkatkan ekspor. Amerika Serikat merupakan salah satu mitra dagang strategis Indonesia. Amerika menempati urutan pertama negara tujuan ekspor furnitur Indonesia.

Pada tahun 2023, ekspor furnitur Indonesia ke Amerika Serikat sebesar USD 951,8 juta, sedangkan ekspor furnitur kayu sebesar USD 236,1 juta.

Total perdagangan Indonesia dan Amerika Serikat sebesar USD 11,70 miliar pada Januari-April 2024.

Sedangkan pada tahun 2023, total perdagangan Indonesia dan AS sebesar USD 34,53 miliar, dengan nilai ekspor Indonesia ke AS sebesar USD 23,25 miliar dan nilai impor Indonesia dari AS sebesar USD 11,28 miliar.

Dengan demikian, Indonesia mencapai surplus neraca perdagangan sebesar USD 11,97 miliar dengan Amerika Serikat.

Sementara itu, kinerja perdagangan Indonesia-AS menunjukkan pertumbuhan positif sebesar 9,03 persen dalam periode lima tahun terakhir (2019-2023).

Pada periode yang sama, ekspor nonmigas Indonesia ke Amerika meningkat positif sebesar 9,93 persen (RE/JPN).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *