Seluruh Honorer Bisa Daftar Seleksi PPPK 2024, Ada Afirmasi

saranginews.com, JAKARTA – Seluruh lulusan bisa mendaftar PPPK 2024. Pemerintah kemudian akan menerbitkan sertifikat untuk menentukan tingkat kelulusannya… 

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nunuk Suryani mengatakan pemerintah akan memberikan kesempatan kepada seluruh pejabat untuk mendaftar mengikuti seleksi PPPK pada tahun 2024.

BACA JUGA : Pendaftaran PPPK 2024 : Bpk. Burhan memastikan kategori terhormat diprioritaskan

Artinya, tidak hanya diperuntukkan bagi kategori kehormatan.

“Dalam diskusi informal tim teknis, selama proses lamaran, tidak ada penentuan prioritas pelamar seperti tahun lalu,” kata General Manager Nunuk kepada saranginews.com baru-baru ini.

BACA JUGA: Kapan Mendaftar CPNS dan PPPK 2024? Pak Wahyu mengatakan ini

Dengan terbukanya kesempatan bagi seluruh pejabat untuk mengajukan PPPK 2024, diharapkan kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

General Manager Nunuk menambahkan, KemenPAN-RB ingin semua kategori bisa mendaftar pada proses pendaftaran.

BACA JUGA: Rekrutmen CASN 2024, Gelar K2 Masih Prioritas

Namun, pemerintah kemudian akan memberikan keahlian kepada penerima penghargaan, termasuk P1 saat menentukan jenjang kelulusan.

“Nanti saat proses wisuda akan digunakan konfirmasi,” ujarnya. Penegasan ini adalah milik kelompok yang dikontrol dalam PermenPAN-RB.”

Dirjen Nunuk menegaskan komitmen pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menyelesaikan permasalahan guru honorer termasuk P1 dan tenaga kependidikan honorer.

Oleh karena itu, pada tahun ini Tendik juga menerima lamaran untuk mengikuti PPPK 2024.

“Kami sangat berharap Pemerintah Daerah memiliki kesamaan visi, misi dan menjadi pusat penanganan persoalan kehormatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak bisa berjalan sendiri dan perlu dukungan banyak instansi terkait khususnya Pemerintah Daerah”, Jendral Direktur menekankan. Nunuk Suryani. . 

Di sisi lain, minimnya pengumuman resmi pemerintah terkait pembukaan pendaftaran PPPK 2024 menimbulkan kabar mengkhawatirkan terhadap tenaga honorer yang masih ada.

Baru-baru ini diberitakan, peserta preferensi pertama (P1) tidak lagi mendapat prioritas dalam seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

P1 merupakan guru honorer yang lolos seleksi PPPK tahun 2021 dan belum menerima lamaran.

P1 semakin khawatir karena posisinya dikabarkan akan diisi oleh guru honorer atau non-ASN yang masuk dalam daftar pendataan Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

“Semakin lama pembukaan pendaftaran PPPK 2024, maka permasalahannya akan semakin meluas,” kata Heti Kustrianingsih, Pengurus Forum Guru Honorer Seluruh Negara Indonesia Berprestasi (FGHNLPSI). Prajurit P1 adalah ketakutan semua orang.”

Heti juga berharap Pengadaan PPPK PermenPAN-RB 2024 tetap mengutamakan P1, termasuk guru swasta.

Sebab sisa P1 sebagian besar adalah guru swasta. (sy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… Begini cara Mbak Ita mempersiapkan guru honorer menjadi PPPK, bagus sekali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *