Menjelang Diwisuda, 1.097 Praja Utama IPDN Mengikuti Kuliah Umum

saranginews.com JATINANGOR – IPDN-Kemendagri menyelenggarakan kuliah umum sebagai tutorial bagi 1.097 mahasiswa jurusan Angkatan XXXI yang akan diwisuda.

Freddy Thie, Bupati Kaimana, Papua Barat, hadir dalam kuliah umum tersebut sebagai narasumber.

Baca Juga: Praja Madya IPDN terlibat langsung dalam mensukseskan program pengentasan kemiskinan dan stunting.

Rektor IPDN H. Hadi Prabowo berharap pembekalan yang dilakukan Freddy Thie ini dapat meningkatkan kapasitas dan wawasan para pejabat penting terhadap isu-isu daerah.

“Tentunya semua ini akan memperkuat potensi yang ada di kawasan dan membangun iklim dan stabilitas yang baik,” kata Rektor Hadi dalam keterangannya, Kamis (20/6).

Baca Juga: IPDN Kemendagri Laksanakan Magang Bagi Pratama Pratama. 

Menurutnya, hal ini sejalan dengan tema kuliah umum: “Upaya peningkatan pembangunan pemerintah dan daerah serta kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kaimana”.

Kedatangan Kaimana sebagai narasumber karena banyaknya prestasi dan inovasi. Laju pertumbuhan ekonomi Kaimana mencapai 3,26% pada tahun 2023; Pendapatan per kapita negara adalah 44,50 juta.

Baca: Praja IPDN Resmi Berakhir Latsitardanus XLIV.

Freddy mampu menurunkan angka kemiskinan dari 16,04% pada tahun 2021 menjadi 14,57% pada tahun 2023. Angka stunting juga turun menjadi 21,1%.

Juga prestasi Kabupaten Kaimana seperti 12 tahun sekolah gratis; Bantuan sebesar 4 Miliar per desa untuk desa dan pembangunan air bersih menjadi alasan Kabupaten Kaimana banyak meraih penghargaan.

“Saya berharap ini menjadi inspirasi dan penyemangat bagi para mahasiswa yang akan segera lulus kuliah. Saya berharap mereka memahami bekal ini dan menjadi pengalaman pengabdian kepada masyarakat,” kata Hadi.

Pada saat yang sama, Anak buah Kaimana mengatakan empat dari 18 program tingkat tinggi adalah rehabilitasi rumah senilai Rp4 miliar; air bersih Terungkap bahwa saluran penerangan dan komunikasi disediakan.

Orang-orang dari kuliah umum Kaimana ini, Ia juga berharap dapat lebih mengenal industri pariwisata dan budidaya perikanan, serta sektor lainnya.

“Saya memperkenalkan Kabupaten Kaimana dan menjelaskan visi misi serta program unggulan yang berdampak langsung kepada masyarakat di sana,” ujarnya.

Bupati Kaimana telah menyampaikan rekomendasi dan strategi pengelolaan wilayahnya selama ini, seperti mobilisasi ASN dan kerja sama dengan instansi vertikal dan sektoral.

Kemudian pemetaan potensi; Dengan mengidentifikasi dan mempercepat penanganannya, masyarakat dan dunia usaha.

– Dijelaskannya, diharapkan para pejabat yang akan ditempatkan di daerah masing-masing dapat menjadi teladan dan mampu mengabdi dengan garam dan keringanan untuk memajukan daerah tempat tinggalnya. (esy/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *