Keistimewaan Album Terbaru dari Coldplay, Moon Music

saranginews.com, Inggris – Band asal Inggris Coldplay akan merilis album terbarunya, Moon Music, pada 4 Oktober 2024.

Album kesepuluh ini memiliki beberapa ciri khas dan keunikan.

Baca juga: Coldplay Bikin Album Baru dari Bahan Sampah

Single pertama dari album Moon Music Feels Like Im Falling in Love akan dirilis di seluruh dunia pada 21 Juni 2024.

Coldplay memainkan lagu tersebut untuk pertama kalinya pada konser di Stadion Puskas di Budapest.

Baca juga: Aldi Tahr Ciptakan Lagu untuk Chris Martin Coldplay

Diproduksi oleh Maks Martin, Moon Music tersedia untuk pre-order dengan edisi terbatas yang ditandatangani dari toko resmi Coldplay.

Sejalan dengan langkah-langkah keberlanjutan tur yang inovatif, yang sejauh ini menghasilkan emisi CO2 59% lebih rendah dibandingkan tur stadion sebelumnya, Coldplay melakukan segala upaya untuk merilis album fisik Moon Music dengan cara yang paling ramah lingkungan.

Baca juga: Chris Martin dari Swiss di Fenton, Fans Coldplay Tertawa

Moon Music menjadi album pertama di dunia yang dirilis dalam bentuk LP EcoRecord 140g, dengan setiap salinannya terbuat dari 9 botol plastik PET daur ulang yang diperoleh dari limbah pasca-konsumen.

Hal ini menghindari produksi lebih dari 25 ton plastik murni dan memastikan pengurangan emisi CO2/kg produksi sebesar 85 persen dibandingkan dengan 140 g vinil tradisional.

Selain itu, Coldplay berkolaborasi dengan mitra lamanya The Ocean Cleanup untuk membuat format lain: Notebook Edition EcoRecord LP. rPET yang digunakan dalam isu ini terdiri dari 70 persen plastik sungai yang ditangkap oleh The Ocean Cleanup dari Sungai Rio Las Vacas di Guatemala, sehingga mencegahnya mencapai Teluk Honduras dan Samudra Atlantik.

Rilisan CD Moon Music akan menjadi rilisan EcoCD pertama di dunia, terbuat dari 90 persen polikarbonat daur ulang, yang berasal dari aliran limbah konsumen.

Hasilnya adalah pengurangan emisi CO2/kg setidaknya 78 persen dan mencegah produksi lebih dari lima ton plastik murni.

Dalam upaya mengurangi limbah, rilisan pertama Moon Music (baik EcoRecord LP maupun EcoCD) akan sangat terbatas dan diproduksi dengan spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan rilisan mendatang.

Semua produk EcoRecord LP Edisi Pertama akan diberi nomor satu per satu.

Moon Music kini tersedia untuk pre-order dalam empat format fisik, semuanya diberi label dengan jelas Edisi Pertama, dengan semua LP EcoRecord rPET diberi nomor individual:

Antara lain EcoCD Standar, EcoRecord LP Standar, EcoCD Edisi Notebook, EcoRecord LP + EcoCD Edisi Notebook, Edisi Notebook (EcoCD dan EcoRecord LP) hadir dalam bentuk buku hardcover.

Buku tersebut merupakan replika buku catatan studio asli Chris Martin, yang berisi 28 halaman catatan, lirik, dan ilustrasi yang tak terlihat dari proses penulisan dan perekaman album.

Edisi buku catatan juga menyertakan catatan suara dan sampel lain dari rekaman album, memberikan wawasan khusus tentang perkembangan musik.

Semua format dapat dipesan sekarang dari toko resmi Coldplay, dengan tersedia versi tanda tangan dalam jumlah terbatas.

Moon Music merupakan album pertama Coldplay sejak Music Of The Spheres tahun 2021 yang menjadi single nomor satu AS bersama My Universe milik BTS dan masuk nominasi Album of the Year di Grammy Awards. (kakek/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *