AMG Tawarkan Solusi Kreatif Mendongkrak Kampanye Pemasaran di KRL

saranginews.com, Jakarta – Kereta listrik menjadi salah satu moda transportasi umum dengan jangkauan terluas dan lalu lintas pengguna terbanyak.

Dikutip dari PT. Kereta Api Komuter Indonesia (KCI) mengalami peningkatan penggunaan KRL Jabodetabek yang signifikan sepanjang tahun 2023 pada awal tahun ini.

Baca Juga: GoTransit bantu tingkatkan minat masyarakat naik KRL

Total volume penumpang meningkat 35 persen dibandingkan tahun sebelumnya, mencapai lebih dari 290 juta.

Rata-rata jumlah penumpang pada hari kerja lebih dari 870 ribu dan lebih dari 650 ribu pada akhir pekan dengan total 1.090 penerbangan per hari.

Baca Juga: Kabar Gembira, Kartu JakCard Kini Bisa Digunakan untuk Beli KRL

Selain itu, data survei Sigma Research tahun 2023 bernama Commuterline Channel Research juga mengungkap gambaran menarik.

Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara jumlah penumpang pria dan wanita pada total pengguna KRL di wilayah Jabodetabek.

Baca Juga: AMG Gandeng DMMX Untuk Optimalkan Periklanan Digital

Kebanyakan dari mereka masuk dalam kategori sosial ekonomi B, disusul kategori C dan A.

Direktur Pemasaran AMG Agung Prihambodo mengatakan KCI, biro iklan dan merek mempunyai peluang untuk membangun kesadaran merek dengan memanfaatkan tingginya volume pengguna KRL, frekuensi dan konsistensi perjalanan serta waktu tunggu yang lama.

“Teknologi tercanggih, yang mendukung ide dan pesan kreatif, serta kolaborasi antar saluran media, akan memudahkan untuk membangkitkan minat, memberikan pengalaman unik dan meninggalkan kesan mendalam pada penonton,” kata pernyataan itu. . Kamis (20/6).

Agung juga menyertakan beberapa tips yang dapat diterapkan oleh brand untuk meningkatkan keberhasilan kampanye pemasarannya dan mendorong partisipasi penonton di KRL.

A. Konsep kreatif, desain dan materi iklan

Kreativitas yang tinggi dalam konsep dan desain periklanan berperan penting dalam menarik perhatian khalayak sasaran serta merangsang interaksi pengguna KRL dengan merek dan konten iklan. 

Materi yang ditampilkan harus mampu memberikan manfaat yang relevan dan menghibur untuk memenuhi harapan pengguna KRL terhadap iklan yang informatif, menarik, dan persuasif.

Dengan demikian, iklan-iklan tersebut dapat membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan dan memberikan nilai tambah bagi komunitas pengguna KRL.

B. Kompetisi baru adalah kolaborasi multi-platform

Kolaborasi multi-platform merupakan faktor penting yang berkontribusi besar terhadap keberhasilan kampanye pemasaran.

Berkat kolaborasi tersebut, kampanye tidak hanya dilakukan di satu tempat saja, namun juga bisa tersebar di stasiun dan lokasi sekitar, media sosial, bahkan aplikasi digital.

Kreativitas yang didukung teknologi dan kolaborasi lintas platform akan mendorong partisipasi penonton.

Merek atau pengiklan dapat memasukkan informasi real-time ke dalam konten iklan dengan menggabungkannya dengan fitur interaktif; Salah satunya adalah kode QR.

Hasilnya, pengunjung dapat mengakses berbagai informasi, mulai dari rute perjalanan hingga informasi tambahan seperti promosi khusus, diskon, atau acara/kegiatan yang diselenggarakan oleh brand.

Ingat, area di samping atau sekitar gerbang KRL juga perlu dipertimbangkan pengiklan untuk menyampaikan pesan yang luas.

Iklan (body branding) dengan desain yang menarik pada bagian luar bodi KRL akan memberikan image yang tidak biasa sehingga enak dipandang mata orang lain selain pengguna KRL.

Dengan demografi yang dinamis, investasi dalam strategi media kolaboratif di luar rumah (MLG) sangat penting untuk menciptakan pengalaman perjalanan yang berkesan bagi pengguna.

Memilih partner periklanan MLG yang tepat dan berpengalaman juga menjadi faktor yang dapat mendongkrak kesuksesan kampanye.

AMG (Alternative Media Group), perusahaan penyedia MLG terkemuka dengan pengalaman lebih dari 17 tahun, menawarkan layanan solusi untuk mendukung strategi pemasaran kreatif.

Layanan mencakup penempatan iklan strategis, desain kreatif, dan analisis kinerja kampanye. (RDO/JPNN)

Baca artikel lainnya… AMG telah memantapkan dirinya sebagai perusahaan media yang berorientasi pada teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *