Mendagri Lantik Staf Ahli Kemenpora Samsudin Jadi Penjabat Gubernur Lampung

saranginews.com, Jakarta – Menteri Dalam Negeri Mendagry Muhammad Tito Karnavian menunjuk Samsudin sebagai Penjabat Gubernur (Pj) Lampung.

Kantor Hukum Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga diresmikan pada Rabu (19/06/2024) di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kementerian Dalam Negeri Jakarta.

Baca juga: Masa Penting: Gubernur Lantik Sekda

Samsudin akan menggantikan Arinal Junaidi yang masa jabatannya sebagai Wali Kota Lampung telah habis.

Upacara pelantikan tersebut dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden (Kep) Nomor 69/B Tahun 2024 tentang Pengangkatan Penjabat Presiden. Gubernur Provinsi Lampung.

Baca juga: Mendagri Desak Sanksi Lebih Keras Terhadap Bupati Taputa

Dalam sambutannya, Mendagri mengatakan jabatan tersebut merupakan pengalaman dan tantangan baru bagi Samsudin yang sudah lama berkarir di pemerintah pusat, khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Ia berharap Samsudin bisa cepat beradaptasi dengan situasi di Lampung.

Baca juga: Mendagri Tak Larang Presiden Daerah Saat Ini Mencalonkan Diri di Pilkada 2024 Tak Ada Syaratnya

Mendagri meminta Samsudin menjalin hubungan antara lain dengan Ketua DNRD Provinsi Lampung Arinal Junaidi dan jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda).

Komunikasi ini sangat penting mengingat Provinsi Lampung saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang signifikan.

“Saya berharap banyak lagi kepada bapak-bapak, kuncinya kemampuan interaksi sosial dan komunikasi sosial, itu modal utama pelayanan di daerah, baik itu di Pemda di TNI/Polri, kejaksaan. Kantor. Toh, kemampuan berkomunikasi,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Mendagri juga mengingatkan beberapa pekerjaan rutin yang harus diperhatikan oleh Pak Samsudin.

Di antaranya percepatan pembangunan, penanggulangan stunting, pengentasan kemiskinan, pendidikan, dan kesehatan. Selain itu, agenda Samsudin pada Pilkada Serentak 2024 juga patut mendapat perhatian.

Di sisi lain, Menteri Dalam Negeri mewakili Presiden dan Pemerintah mengucapkan terima kasih kepada Arinal Junaidi yang telah menjalankan tugasnya dengan baik sebagai Gubernur Provinsi Lampung.

“Semoga sifat baik dan usaha kalian tetap bermanfaat dan bermanfaat,” ucapnya kepada seluruh masyarakat Provinsi Lampung.

Pelantikan Penjabat Gubernur Provinsi Lampung ini juga dibarengi dengan pelantikan Wakil Menteri Negara Bidang Pengelolaan Infrastruktur Perbatasan pada Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Selain itu, pelantikan Pj. Komite Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Lampung Maidawati Retnoningsih menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) TP PKK Tri Tito Karnavian.

Turut hadir Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotejo, Gubernur Provinsi Lampung 2019-2024 Arinal Junaidi, Phorkopimda Lampung, pimpinan TP KRG Provinsi Lampung serta pejabat terkait lainnya (dan lain-lain). / jepang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *