Lestari Moerdijat Dorong Bangun Kemandirian & Tanggung Jawab Generasi Penerus Bangsa

saranginews.com, JAKARTA – Wakil Ketua MP Lestari Moerdijat mengingatkan pentingnya membangun karakter tangguh pada setiap anak bangsa.

Menurutnya, hal tersebut merupakan upaya mewujudkan kemandirian dan tanggung jawab generasi penerus bangsa dalam menjawab berbagai tantangan saat ini dan masa depan.

BACA JUGA: Lestari Moerdijat mengatakan perlu komitmen tegas untuk menurunkan prevalensi stunting

Karakter kemandirian dan tanggung jawab setiap anak bangsa harus dapat diwujudkan sebagai bagian dari penyiapan sumber daya manusia (SDM) yang tangguh untuk menghadapi tantangan bangsa dan negara di masa depan, kata Lestari Moerdijat dalam tulisannya. penyataan. , Rabu (19/6).

Rary, sapaan akrabnya, mengatakan survei CareerBuilder pada tahun 2021 mencatat bahwa Gen Z rata-rata berganti pekerjaan selama dua tahun tiga bulan dalam satu posisi.

BACA JUGA: Wakil Ketua MPR: Perjuangan memulihkan hak-hak Palestina harus ditempuh secara konsisten

Ini lebih pendek dari generasi sebelumnya.

Situasi ini diperparah dengan upaya penyelamatan orang tua yang terus bekerja keras agar mereka yang sudah mandiri tetap bisa makan, kata Rary.

BACA JUGA: Jandri Susanto: Indonesia butuh generasi penerus yang andal

Ia mencontohkan, data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2023 menunjukkan bahwa dari 44,47 juta penduduk usia 15 hingga 24 tahun di Indonesia, sebanyak 9,9 juta atau 22,25 persen tidak melakukan kegiatan produktif.

Menurut Rerie, beberapa catatan menunjukkan betapa rentannya Generasi Z dalam menghadapi sejumlah tantangan sehingga memerlukan tindakan segera untuk membangun karakter generasi muda agar memiliki tingkat kemandirian dan tanggung jawab yang tinggi.

Ia mengimbau pemangku kepentingan di pusat dan daerah segera menyiapkan beberapa langkah terukur untuk meningkatkan produktivitas generasi muda.

Anggota DPRD II Jawa Tengah ini sangat berharap, keinginan besar untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang lebih berkualitas menjadi persoalan bersama.

“Karena hanya dengan generasi penerus yang berkualitas dan berkarakter kuat, bangsa Indonesia akan mampu memenangkan setiap persaingan di berbagai bidang di masa depan,” tegasnya. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *