Coldplay Produksi Album Baru Dari Bahan Limbah

saranginews.com, Inggris – Band asal Inggris Coldplay akhirnya mengumumkan tanggal rilis album terbaru mereka, Moon Music.

Album kesepuluh akan dirilis pada 4 Oktober 2024 di seluruh platform musik digital.

Baca juga: Penipu tiket konser Coldplay ditangkap polisi di Jakarta Selatan senilai Rp 1,2 miliar

Single pertama dari album Moon Music, Feels Like Im Falling in Love, akan dirilis di seluruh dunia pada Jumat, 21 Juni.

Coldplay pertama kali membawakan lagu tersebut di pertunjukan stadion yang terjual habis di Puskas Arena di Budapest.

Baca Juga: Aldi Thatcher Bernyanyi Untuk Chris Martin Coldplay

Moon Music oleh Max Martin sekarang tersedia untuk pre-order di mana saja, termasuk edisi terbatas yang ditandatangani dengan tangan di Coldplay Store resmi.

Coldplay melakukan segala upaya untuk membuat album fisiknya, Moon Music, semaksimal mungkin berkelanjutan, dengan langkah-langkah keberlanjutan yang inovatif pada tur saat ini yang menghasilkan emisi CO2e 59 persen lebih sedikit dibandingkan tur stadion sebelumnya.

Baca juga: Konser Coldplay

Moon Music akan menjadi album pertama di dunia yang dirilis dalam bentuk LP Eco Record seberat 140 gram, dengan setiap kopinya dibuat dari 9 botol plastik PET yang didaur ulang dari limbah pasca-konsumen.

Hal ini mencegah produksi lebih dari 25 metrik ton plastik murni dan mengurangi emisi CO2/kg sebesar 85 persen dibandingkan dengan vinil konvensional 140 g.

Selain itu, Coldplay telah bekerja sama dengan kolaborator lama The Ocean Cleanup untuk membuat format tambahan: Notebook Edition Echo Record LP. rPET yang digunakan untuk pelepasan ini mengandung 70 persen plastik sungai, sebuah pembersihan laut yang dilakukan dari Sungai Río Las Vacas di Guatemala, sehingga mencegahnya mencapai Teluk Honduras dan Samudra Atlantik.

Edisi CD Musik Bulan akan menjadi rilisan EcoCD pertama di dunia, terbuat dari 90 persen limbah polikarbonat daur ulang pasca-konsumen.

Hal ini menghasilkan pengurangan emisi CO2/kg setidaknya sebesar 78 persen dan menghindari produksi lebih dari lima juta ton plastik murni.

Dalam upaya mengurangi limbah, rilisan pertama Moon Music (LP EcoRecord dan EcoCD) sangat terbatas dan diproduksi dengan spesifikasi yang lebih tinggi daripada rilisan mendatang.

Semua produk EcoRecord LP Edisi Pertama diberi nomor individual.

Moon Music sekarang tersedia untuk pre-order dalam empat format fisik, semuanya diberi label jelas pada edisi pertama, semua produk Echo Record rPET LP diberi nomor individual:

Antara lain EcoCD Standar, EcoRecord LP Standar, EcoCD Edisi Notebook, EcoRecord LP + EcoCD Edisi Notebook, Edisi Notebook (EcoCD dan EcoRecord LP) hadir sebagai buku sampul.

Buku tersebut merupakan salinan buku catatan studio asli Chris Martin, berisi 28 halaman catatan, lirik, dan ilustrasi yang tak terlihat dari proses penulisan dan perekaman album.

Edisi buku catatan juga menyertakan catatan suara tambahan dan demo dari sesi rekaman album, memberikan wawasan luar biasa mengenai perkembangan musik.

Semua format dapat dipesan sekarang di toko resmi Coldplay, dengan tersedia versi penandatanganan tangan dalam jumlah terbatas.

Moon Music merupakan album pertama Coldplay sejak Music of the Spears tahun 2021, menelurkan single AS pertama bersama BTS, My Universe, dan masuk nominasi Album of the Year di Grammy Awards. Music of the Spears telah mengumpulkan lebih dari empat miliar streaming. (ded/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *