Posisi PKS Strategis, Wajar Incar Posisi Cawagub DKI Jakarta

saranginews.com – JAKARTA – Posisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di DKI Jakarta memang diharapkan. Oleh karena itu, wajar jika partai ini mempertimbangkan posisi calon wakil gubernur pada Pilkada DKI 2024.

Hal tersebut diungkapkan pengamat politik veteran Universitas Pembangunan Nasional (UPN), Jakarta, Ardli Johan Kusuma.

BACA JUGA: PKS Tak Lakukan Testing yang Layak pada Anies, Ini Alasannya.

Pendapat itu ia sampaikan menyikapi posisi calon wakil gubernur dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pilkada Jakarta di PKS.

“PKS merupakan partai peraih suara terbanyak pada Pilkada DPRD dan DKI Jakarta pada Pilkada 2024. Hal ini dilakukan PKS untuk menarik perhatian pihak-pihak yang berkepentingan atau yang nantinya akan bersaing dalam pemilukada DKI,” kata Ardli dalam pidatonya, Selasa (18/6).

BACA JUGA: Pidato Duet Anies-Kaesang di Pilkada Jakarta, HNW: Peluang PKS untuk Calon Wakil Gubernur. 

Ardli mengetahui PKS masih mempertimbangkan kontribusi KIM yang merupakan kelompok pendukung Presiden terpilih dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

KIM beranggotakan Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Kekuatan Nasional (PAN), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

BACA JUGA: Tokoh Agama Eman Suherman dan Diterima Seluruh Kalangan Majalengka

“Menurut saya, PKS akan bergabung dengan kelompok yang memenuhi syarat yang diharapkan, yaitu kira-kira jumlah gubernur terakhir, dan ke depan dengan opsi-opsi tersebut, ada keberhasilan yang adil,” ujarnya. .

Ia pun menilai wajar jika PKS mendikte posisi Cawagub berdasarkan hasil pemilu 2024.

Menurut dia, PKS belum mendapat nomor dari kader internal partai untuk maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta, sehingga posisi Cawagub terus dicari.

Oleh karena itu, tuntutan PKS tersebut harus dipertimbangkan secara matang oleh pihak-pihak yang ingin mendapatkan dukungan atau bermitra dengan PKS dalam kontestasi Pilkada Jakarta mendatang, ”ujarnya.

Diketahui, pada pergantian Pilkada DKI Jakarta, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat dukungan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Selain Anies, nama calon gubernur yang diusung KIM adalah mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Sebelumnya, Presiden PKS Ahmad Syaikhu membenarkan pihaknya telah mendapat tawaran untuk mengisi posisi Cawagub di Pilkada Jakarta.

“Ada (tawaran), makanya kita coba evaluasi, kita lihat, itu yang kita butuhkan,” ujarnya di Kantor DPP PKS, Jakarta, Selasa. (Antara/jpnn)

Baca artikel lainnya… Ingat, Pantarlih harus dibangun seperti rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *