Kolaborasi BMK & INACON 2024 Perluas Pemahaman Hak Kekayaan Intelektual Karya Lokal

saranginews.com, Jakarta – Pusat media budaya yang mengelola saluran budaya Indonesiana.TV memperkenalkan dan mempromosikan hak kekayaan intelektual (IP) atau hak kekayaan intelektual buatan lokal di Indonesia Anime Con (INACON) 2024.

Sedangkan INACON 2024 akan diselenggarakan pada 15-16 Juni 2024 di Indonesia Convention and Exhibition Center (ICE), BSD, Tangerang, Banten.

Baca juga: Indonesiana.TV Promosikan Animasi Karya Anak Negeri

Promosi tersebut merupakan bagian dari komitmennya untuk mendukung dan mengembangkan industri kreatif di Indonesia, yang menjadikan Indonesia Anime Con (INACON) 2024 sebagai platform strategis untuk menampilkan karya-karya terbaik pencipta kekayaan intelektual lokal.

Diharapkan melalui partisipasi ini, kerjasama antar produsen regional akan diperkuat dan kekayaan intelektual regional akan lebih cepat diakui di tingkat nasional dan internasional. Budaya menggabungkan unsur-unsur yang berbeda. anime, manga, video game, dan cosplay.

Baca juga: Indonesiana.TV Raih Penghargaan karena Menyajikan Program Budaya

Acara ini merupakan surganya para kreator, aktor, kolektor, cosplayer, dan siapa saja yang mencintai dunia budaya pop.

INACON 2024 menghadirkan beragam kegiatan seru dan menjadi wadah yang tepat bagi para penggemar anime untuk berjejaring dan berbagi inspirasi.

Sutradara Film Animasi Rana Oko, Daryl Wilson mengungkapkan antusiasmenya terhadap acara tersebut. Apalagi dengan partisipasi Indonesiana.TV yang rutin memperkenalkan dan mempromosikan IP kreator lokal.

“Melalui keharmonisan dan kerja sama, kita dapat menciptakan ekosistem yang mendukung keberlangsungan budaya lokal,” kata Rana, Selasa (18/6).

Rana pun berharap melalui INACON, IP lokal yang ia dan tim kerjanya semakin dikenal dan diapresiasi oleh masyarakat luas.

Ia juga berbagi pengalaman berkolaborasi dengan Indonesiana.TV (di bawah manajemen dan kepemilikan Cultural Media Center) yang mendukung penuh dan memfasilitasi proses produksi film animasi “Rana Yoko”.

Ia melanjutkan, “Selama setahun, kami menciptakan sebuah proses dan pertunjukan yang menarik dan kaya akan sejarah dan budaya.”

Senada dengan Daryl, Teser Vardana, IP kreator serial animasi budaya Echo and Lot menambahkan, dengan dukungan teknologi pasti bisa dan mudah memperkenalkan budaya lokal ke kancah internasional. Inisiatif seperti Indonesiana.TV dan Open Year Program yang dijalankannya memberikan ruang bagi para kreator untuk berinovasi dan meningkatkan budaya Indonesia, ujarnya dalam acara INACON 2024, Sabtu, 15 Juni 2024.

INACON 2024 memberikan panggung besar bagi animasi dan IP lokal untuk “memamerkan” karya terbaiknya, tambah Tesar. Baginya, Indonesiana.TV telah memberikan wadah yang baik bagi para kreator untuk berkarya dan berkolaborasi.

“Melalui Indonesia.TV, kita bisa menyebarkan nilai-nilai budaya dan kreativitas anak bangsa ke seluruh pelosok Indonesia bahkan dunia. Saya berharap melalui acara ini semakin banyak lagi IP lokal yang tercipta dan dikembangkan,” lanjutnya. .

Kehadiran Cultural Media Center di INACON 2024 juga diharapkan dapat membuka peluang kolaborasi lintas sektor antara para pencipta IP lokal dengan berbagai pihak khususnya di industri kreatif (mcr10/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *