Kapal Filipina dan China Bertabrakan di LCS, Amerika Ikut Campur

saranginews.com, WASHINGTON – AS memberikan dukungan kepada Filipina setelah kapal sekutunya di Asia Tenggara bertabrakan dengan kapal penjaga pantai Tiongkok, saat mengirimkan pasokan untuk kebutuhan militernya di perairan Laut Cina Selatan (SCS) untuk terakhir kalinya . Minggu.

“Amerika Serikat mendukung sekutunya, Filipina, dan mengutuk tindakan Tiongkok yang semakin meningkat dan tidak bertanggung jawab dalam menolak pengiriman barang kemanusiaan yang sah ke Filipina kepada pasukan yang ditempatkan di BRP Sierra Madre pada 16 Juni,” kata Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataan. penyataan. pengumuman pada Senin (16/7).

BACA JUGA: Beijing memperingatkan Amerika untuk tidak ikut campur dalam konflik Laut Cina Selatan

Tiongkok menuduh Filipina menyebabkan tabrakan kapal di Laut Cina Selatan, sementara Manila menolak tuduhan Beijing bahwa kapalnya memicu tabrakan dan menyebutnya menyesatkan.

Insiden yang meningkat ini adalah yang terbaru dari serangkaian provokasi Tiongkok yang menolak pasokan yang sangat dibutuhkan tentara Filipina yang ditempatkan di BRP Sierra Madre.

BACA JUGA: COC Laut Cina Selatan harus mampu menghalangi perilaku agresif Tiongkok

Pada akhir Mei, Filipina membuka stasiun penjaga pantai di Pulau Itbayat dekat Taiwan untuk meningkatkan keamanan di tengah meningkatnya kehadiran Tiongkok di Laut Cina Selatan, kata Penasihat Keamanan Nasional Filipina Eduardo Ano.

Sementara itu, pemerintah Tiongkok telah menekankan bahwa mereka telah mengaktifkan peraturan bagi Penjaga Pantai Tiongkok untuk menggunakan kekuatan bersenjata terhadap kapal asing yang menolak meninggalkan perairannya.

Baca juga: Filipina mulai membalas di Laut Cina Selatan, Beijing bingung.

“Peraturan ini dikeluarkan oleh Penjaga Pantai Tiongkok untuk menerapkan peraturan penjaga pantai Tiongkok, menstandardisasi prosedur penegakan hukum administrasi penjaga pantai, dan menegakkan ketertiban di laut dengan lebih baik,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Lin Jian pada konferensi pers rutin di Beijing. , Cina. , Senin (17/6).

Undang-undang yang akan terbit pada tahun 2021 ini mengatur tentang kewenangan penjaga pantai Tiongkok untuk menembaki kapal asing, menghancurkan bangunan negara lain yang dibangun di atas terumbu karang milik Tiongkok, serta hak untuk memeriksa kapal asing di perairan yang dimiliki Tiongkok. klaim Beijing. (semut/dil/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *