Faida Sosok Perempuan yang Diinginkan Warga Untuk Memimpin Jember

saranginews.com, JEMBER – East West Research Center (TBRC) merilis hasil jajak pendapat terbaru jelang Pilkada Jember 2024.

Ketiganya adalah Faida, mantan Bupati Jember periode 2016-2021, Mohammed Fawait, anggota DPRD Jatim, dan Hendi Siswanto, Bupati Jember saat ini.

BACA JUGA: Elektabilitas Faida Tumbuh Jelang Pilkada Jember

Direktur Eksekutif TBRC Yohannes Romeo mengatakan, berdasarkan hasil penelitiannya, perolehan suara Faida merupakan yang tertinggi dibandingkan Hendi Siswanto dan Muhammad Fawait.

Survei TBRC bertujuan untuk mengukur preferensi masyarakat terhadap elektabilitas calon bupati Jember pada Pilkada 2024 dan dilakukan antara tanggal 30 Mei hingga 10 Juni 2024, ujarnya dalam siaran persnya. (17/6).

BACA: Jajak Pendapat LKPI: Faida Berpeluang Kalahkan Pilboup Jember 2024

Survei tersebut melibatkan 1.660 responden yang tersebar secara proporsional di 22 kecamatan dan 180 desa di Kabupaten Zhember.

Yohanes mengatakan, pengambilan sampel berdasarkan jumlah penduduk Daftar Pemilih Tetap Kabupaten Jember Pemilu 2024 dengan menggunakan metode multi stage random sampling terhadap responden dengan margin of error sekitar 2,40 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

BACA JUGA: Rizky Faydan bawa Bali United meraih gelar Nusapai IFeLeague 1 2022

Hasil survei menunjukkan popularitas Handi Siswanto dan Faida sangat dikenal masyarakat Jember bahkan angkanya melebihi 80 persen, ujarnya.

Berdasarkan survei TBRC, perolehan suara Faida sebagai calon bupati Jember menempati urutan pertama dengan 37,7 persen.

Di peringkat kedua ada Bupati Jember Hendi Siswanto dengan elektabilitas 20,7 persen. Diikuti oleh Muhammad Fawait yang menguasai 17,7 persen pemilih

Disusul tokoh lain seperti Jaddin Wajads 4,6 persen dan Hadi Supaat 3,6 persen serta tokoh lain di bawah 2 persen.

“Tiga nama bakal calon Bupati Jember, Hendi Siswanto, Faida, dan Muhammad Fawait terpilih melalui tes simulasi dengan soal tertutup dengan perolehan suara 43,7 persen. Urutan kedua diraih Muhammad Fawait dengan perolehan suara 21,6 persen dan peringkat ketiga Hendi Siswanto dengan perolehan suara 19,1 persen dan 15,6 persen, jelasnya.

Menanggapi hasil jajak pendapat TBRC pada Pilkada Jember 2024, Pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD) Bambang Arianto Faida menilai tinggi karena masyarakat menginginkan dirinya menjadi Bupati Jember pada Pilkada 2024. .

“Faida pernah memenuhi syarat menjadi Bupati Jember. Oleh karena itu masyarakat menginginkan Faida menjadi bupati pada Pilkada 2024, kata Bambang.

Bambang Jember mengatakan, masyarakat Jember akan mempertimbangkan nama petahana Hendi Siswanto sebagai bupati pada Pilkada 2024 karena kepemimpinan Hendi banyak permasalahan dan infrastruktur yang mengecewakan masyarakat Jember.

Selain itu, kata dia, Faida merupakan salah satu perempuan yang ikut serta dalam pilkada dan membuktikan kiprahnya pada masa pemerintahan Kabupaten Jember sebelumnya.

“Faida merupakan salah satu perempuan yang ikut serta dalam Pilkada Jember dan membuktikan kiprahnya sebagai Bupati Jember. Inilah peluang Faida untuk memenangkan Pilkada Jember 2024,” ujarnya. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… Usai Vaksinasi Covid-19, Bupati Faida Sebut Tak Terlalu Serius

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *