BUMD DKI Gandeng Kantor Akuntan Publik untuk Audit Eksternal

saranginews.com, JAKARTA – Ketua Badan Konsultasi BUMD (BP) DKI Jakarta Nasruddin Djoko Surjono mengatakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta berkomitmen menerapkan prinsip tata kelola yang baik (Good Corporate Governance/GCG).

Prinsip-prinsip dalam GCG adalah transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab dan independensi yang salah satunya dibuktikan dengan dilakukannya audit laporan keuangan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) yang terdaftar dan bersertifikat resmi di BUMD DKI Jakarta.

Baca juga: WTP Bisa Dibeli, Audit BPK Sulit Dipercaya

18 dari 20 BUMD dan BUMD patungan DKI Jakarta berhasil menerima Unconfirmed Proposal (WTP) dari KAP.

Lalu, ada satu BUMD DKI Jakarta yang mendapat Opini Pengecualian Wajar (WDP) dan satu BUMD masih dalam proses audit.

Baca Juga: Dugaan Pelanggaran Audit Arit Winarto, Suami BCL Arina Winarto Siap Ambil Jalur Hukum

Hasil opini mayoritas WTP dari KAP merupakan bukti nyata komitmen BUMD DKI Jakarta untuk terus meningkatkan akuntabilitas dan transparansi tata kelola perusahaan, kata Nasruddin dalam kesaksiannya, Jumat (14/6).

Perolehan Opini WTP mayoritas menunjukkan bahwa laporan keuangan BUMD DKI Jakarta disusun dan disajikan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.

Baca juga: Hasil Audit BPKP, Kerugian Rp 300 Triliun Kasus Korupsi Timah

Pendapat ini menunjukkan bahwa informasi keuangan yang disajikan dapat diandalkan dan transparan serta mencerminkan tata kelola perusahaan.

“Penghargaan WTP yang kami terima merupakan hasil kerja keras dan dedikasi seluruh tim dalam menjaga integritas dan standar tinggi dalam pengelolaan keuangan. Standar tersebut akan kami upayakan ke depan untuk dipertahankan,” ujarnya.

Nasrudin melanjutkan, audit yang dilakukan KAP merupakan langkah penting untuk memastikan seluruh transaksi keuangan dilakukan secara jujur, transparan, dan bertanggung jawab.

Hal ini merupakan bagian dari upaya BUMD DKI Jakarta untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dan meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

“Dengan menerapkan prinsip GCG, kami dari Pemprov DKI mendorong BUMD DKI Jakarta untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya. (mcr4/jpnn)

Baca Artikel SELENGKAPNYA… Presiden ASABRI audiensi dengan KASAU mengenai pelayanan prima

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *