Peran Penting Farmasi di Balik Kesembuhan Pasien, Menjaga Mutu dan Keamanan Penggunaan Obat

saranginews.com, Jakarta – Setelah hiruk pikuk rumah sakit. Ada departemen yang memegang peranan penting dalam pengobatan pasien, yaitu apotek.

Lebih dari sekedar dokter Apoteker di rumah sakit mempunyai tanggung jawab penting terhadap kualitas dan keamanan obat-obatan yang digunakan pasiennya.

BACA LEBIH BANYAK: Sido Muncul raih Business Indonesia Award kategori Riset Farmasi dan Kesehatan

Lihatlah peran penting apotek

Apotek rumah sakit tidak fokus pada penyiapan dan pemberian obat kepada pasien. Selain itu, departemen ini mempunyai banyak tanggung jawab penting, seperti dilansir pafikapuashulu.org antara lain: 

Baca selengkapnya: Kunjungi Kantor BPOM Daewoong untuk mempromosikan pengembangan bakat di industri farmasi

• Persiapan dan Penjualan Obat: Apotek bertanggung jawab atas penyiapan dan pembelian obat. Perbekalan kesehatan dan perlengkapan kesehatan yang dibutuhkan rumah sakit Pertimbangkan dengan cermat kebutuhan pasien, jenis penyakit, dan anggaran yang tersedia.

• Penyiapan obat: Apotek rumah sakit dikelola oleh apoteker dan apoteker yang terlatih dalam penyiapan obat seperti obat racikan, bubuk, dan kapsul.

Baca selengkapnya: Mempromosikan inovasi dalam industri farmasi, Daewoong menampilkan keahlian global di masyarakat

• Penyimpanan dan distribusi obat: Obat yang telah disiapkan disimpan dengan benar dan aman sesuai dengan sifatnya. Apoteker juga bertanggung jawab untuk mendistribusikan obat kepada pasien di berbagai bangsal dan bangsal rumah sakit.

• Pelayanan pendidikan obat Apoteker di apotek rumah sakit memberikan informasi dan edukasi kepada pasien tentang penggunaan obat yang benar dan aman. Termasuk menjelaskan efek samping obat. interaksi obat dan merupakan cara penyimpanan obat

• Pemantauan pengobatan: Apotek rumah sakit memantau penggunaan obat-obatan di seluruh rumah sakit untuk memastikan bahwa obat-obatan digunakan secara efektif dan sesuai indikasi.

Dengan meninjau pengobatan Mendidik pasien dan staf medis dan berkolaborasi dengan tim medis lainnya

Apotek telah menjadi jembatan antara kedokteran dan perawatan pasien.

Peran apotek di rumah sakit tidak lepas dari pengobatan pasien. Dengan menjamin kualitas dan keamanan obat Seperti memberikan informasi dan edukasi yang diperlukan kepada pasien. Apotek membantu meningkatkan kualitas pengobatan dan mengurangi risiko efek samping obat.

Oleh karena itu, apotek rumah sakit patut mendapat perhatian dan perhatian.

Dukungan dan kerjasama dari banyak pihak termasuk pasien, dokter dan manajemen rumah sakit sangat penting untuk menjamin efisiensi kerja dan meningkatkan tanggung jawab apotek dalam mencapai pelayanan kesehatan yang bermutu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *