Lima Parpol Bertemu Bahas Koalisi Kapal Pesiar untuk Pilwakot Semarang

saranginews.com, SEMARANG – Pimpinan lima partai politik (parpol) menggelar pertemuan di Semarang guna membahas pemilihan umum daerah atau Pilkada Semarang 2024.

Koalisi “Kapal Besar” itu dibahas dalam rapat pemaparan calon pemimpin pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilvakot) Semarang November mendatang.

Baca juga: Berapa honor Pantarlihi untuk Pilkada 2024? Oh, tidak buruk

Kelima partai tersebut adalah Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Wajib Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (UPD), dan Partai Nasional Demokrat (NasDem). 

Ketua Pilkada Gerindra Kota Semarang Joko Santoso mengatakan rapat belum memutuskan koalisi dan calon yang akan diusung.

Baca juga: MK menolak tuntutan pilkada di Semarang

Meski demikian, dia tidak memungkiri akan ada kesepakatan koalisi ke depannya.

“Hubungan persahabatan menjadi tanggung jawab setiap parpol untuk digali, diperdalam, sehingga dalam lima tahun ke depan terjalin kerja sama yang stabil dan tidak hanya konfrontasi politik,” ujarnya, Sabtu (15/6) di Kantor DPC Gerindra Semarang.

Baca juga: KPUD berperkara, Pilkada Semarang berpeluang terulang

Dalam pertemuan tersebut, ia menyampaikan harapan akan terbentuknya koalisi “kapal besar” yang akan menunjuk sosok yang akan memimpin Kota Semarang lima tahun ke depan.

“Pertama cari penumpang eksekutif paling lambat November 2024 dan bangun kapal besar, kapal pesiar dalam bahasa saya. Perlu pondasi untuk membangunnya, atap agar lebih nyaman,” ujarnya.

Ia juga menyebut nama Wali Kota Semarang Hewearita Gunarianti Rahayu yang sempat bertemu dengan pihaknya. Namun, tiket atau rekomendasi pimpinan pusat partai akan menjadi faktor penentu.

“Bukan hanya Mbak Ita saja, tapi semua yang akan datang ke Gerindra, kita sudah berikan tempat untuk menaiki kapal besar tersebut, sehingga bagi yang mendaftar di setiap angkatan akan diberikan tiket boarding (yang dipilih, Red.),” ujarnya.

Meski belum ada kesepakatan koalisi, Ketua DPC PKB Semarang Muhammad Mahsun menegaskan, pertemuan ini sangat penting menjelang perayaan pemilu.

“Komunikasi ini bisa saja berlanjut ke depan, termasuk pembahasan kemungkinan koalisi, tapi kalau koalisi, perlu keputusan pimpinan partai di tingkat pusat,” ujarnya. 

Sendada juga memperkenalkan Ketua DPD Partai NasDem Kota Semarang Setyo Bud yang memuji Partai Gerindra yang menggagas kegiatan ini.

Begitu pula Ketua DPC PPP Kota Semarang Fatchur Rohman. Menurut dia, pertemuan ini sangat penting, meski belum tentu menghasilkan kesepakatan.

“Boleh sepakat, setuju atau tidak setuju, yang penting silaturahmi,” kata ayah panggilan akrabnya.

Perlu diketahui, lima partai yang berkumpul tersebut memiliki wakil di DPRD Kota Semarang, sesuai hasil pemilu legislatif (Pileg) 2024 merinci, Partai Gerindra meraih 7 kursi, PKB 5 kursi, PAN, Nasdem, dan PPP. (mcr5/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *