PLN Indonesia Power Suplai Kebutuhan Listrik di Ambon dengan Pembangkit Apung

saranginews.com, AMBON – PLN Indonesia Power (PLN IP) tetap andal dalam menyediakan listrik yang andal dengan membangun pembangkit listrik di seluruh Indonesia.

Salah satunya Pembangkit Listrik Tenaga Tongkang (BMPP) Nusantara 1 berkapasitas 60 megawatt (MW) yang akan memperkuat keandalan pasokan listrik di Ambon, Maluku, dan meningkatkan kemandirian energi di kawasan timur Indonesia.

BACA JUGA: Dukungan Pemerintah Capai Target Zero Oil, PLN Indonesia Power Proaktif Gandeng

Senior Executive Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan BMPP Nusantara 1 resmi menyuplai sistem kelistrikan Ambon dan mendukung 50 persen kebutuhan listrik Ambon.

“BMPP Nusantara 1 sudah memasuki tahap Commercial Operation Date (COD), kini pasokan listrik ke Ambon akan didukung oleh IP PLN pembangkit terapung, sedangkan BMPP Nusantara 1 merupakan Program Strategis Nasional (PSN) berupa yang pertama. generator yang mengalir di Indonesia yang merupakan karya anak bangsa,” kata Edwin.

BACA JUGA: Inovasi Pupuk Indonesia Sumbang Pendapatan dan Tabungan Rp 1,3 Triliun

“Ini merupakan salah satu pengembangan dan inovasi PLN untuk meningkatkan kemandirian energi di wilayah timur Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, General Manager PLN Maluku dan Unit Wilayah Utara (UIW) Awat Tuhuloula mengungkapkan, BMPP Nusantara 1 merupakan penopang utama sistem ketenagalistrikan Ambon.

BACA LEBIH LANJUT: GIS menciptakan peluang untuk pertumbuhan dan perluasan bisnis

“Kami berharap proyek yang dimulai pada tahun 2021 ini dapat mencapai hasil yang maksimal dan berjalan dengan baik. BMPP Nusantara 1 yang merupakan BMPP pertama di Indonesia, sangat penting di wilayah Maluku karena menjadi tumpuan sistem ketenagalistrikan di Ambon.” Mari berharap. BMPP Nusantara 1 mungkin bisa menjadi pintu gerbang dan menuju ke BMPP Nusantara 2, 3 dan seterusnya berikutnya, yaitu BMPP Nusantara 2, dan seterusnya,” kata Awat.

Di sisi lain, IP PLN juga telah menerapkan sistem monitoring pembangkit di BMPP Nusantara 1 melalui Reliability and Efficiency Optimization Center (REOC).

REOC adalah sistem digital yang telah terbukti andal dan efisien dan fungsi utamanya adalah memantau lebih dari 20 GWh berbagai teknologi pembangkit listrik yang dapat dipantau secara real time.

Hal ini sejalan dengan visi PLN untuk melanjutkan kinerja terbaiknya sebagai perusahaan global menuju Top Fortune Global 500. (chi/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *