Peringatan Dini Cuaca Hari Ini dari BMKG, Awas Hujan Lebat

saranginews.com, Jakarta – Badan Meteorologi, Meteorologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca hari ini, Sabtu (15 Juni).

BMKG memperkirakan kemungkinan terjadi hujan ringan, sedang, dan lebat disertai petir dan angin kencang di beberapa kota besar di Indonesia.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Riau 14 Juni 2024, BMKG mengimbau warga sekitar waspada

Mengutip laman resmi BMKG Jakarta, pihaknya memperkirakan beberapa kota besar (Medan, Pekanbaru, Padang, Tanjung Penang, Jambi, Bengkulu, Palembang, dan Pingkal) berpotensi terjadi hujan ringan dan angin kencang. Penang, Sering, Bandung, Pontianak, Banjarmasin, Gorontalo, Ambon.

BMKG memperkirakan hujan ringan hingga sedang akan terjadi di Bandarlampung, Semarang, Yogyakarta, dan beberapa kota besar lainnya antara lain Surabaya, Tanjung Selor, Palangkaraya, Manado, Palu, Kendari, Mamojo, Ternate, Manukwari, dan Jayapura.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini 10 Juni 2024: Daftar Daerah Kemungkinan Akan Diguyur Hujan Lebat

Cuaca di sejumlah kota besar seperti Banda Aceh, Mataram, Denpasar, Kapang, Samarinda, dan Makassar diperkirakan hanya akan berawan pada hari ini.

Khusus wilayah DKI Jakarta, BMKG memperkirakan seluruh wilayah akan mengalami cuaca berawan lebat pada pagi hari. Seluruh wilayah Jakarta kemudian akan mengalami cuaca cerah dan berawan pada siang hari, dan diakhiri hujan ringan hingga sedang pada malam hari.

BMKG juga mengimbau masyarakat di beberapa daerah yang masuk kategori mudah terbakar, antara lain Aceh, Riau, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan daerah kecil di Papua Selatan 

BMKG memperkirakan perkiraan tinggi gelombang pasang di Indonesia secara umum berkisar 0,5 hingga 2,5 meter. BMKG juga mengeluarkan peringatan kemungkinan banjir rob di wilayah pesisir utara Jawa Tengah (antara/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *