Bertemu Ketua Serikat Buruh di Gaza, Jumhur Kecam Tindakan Brutal Israel

saranginews.com – JAKARTA – Ketua Umum DPP Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSPSI) Moh Jumhur Hidayat menerima kunjungan Ketua Serikat Buruh asal Gaza, Palestina Khalil Zayan dan Wakil Sekjen Koalisi Global untuk Al-Quds dan Palestina Zied Boumakhla di Jakarta, Jumat (14/6).

Dalam pertemuan tersebut, Khalil Zayan memaparkan penderitaan para pekerja di Gaza yang jumlahnya mencapai 250 ribu orang, terdiri dari 50 ribu pegawai pemerintah dan 200 ribu pekerja di sektor swasta. Namun, sektor swasta di Gaza saat ini lumpuh.

BACA JUGA: Soroti Soal PP Tapera, Jumhur: Kenapa Asyiknya Mengumpulkan Uang Rakyat?

Khalil mengambil amanah atas nama seluruh pekerja di Gaza untuk membangun persatuan pekerja demi kebebasan Palestina, termasuk mengurangi penderitaan para pekerja yang tidak lagi memiliki penghasilan.

“Tentara Israel datang ke rumah sakit dan langsung menembak petugas kesehatan yang berjumlah sekitar 500 orang,” kata Khalil.

BACA JUGA: PT Ingria Pratama Capitalindo dan KSPSI berkolaborasi untuk memudahkan pekerja memiliki rumah

Menanggapi hal tersebut, Jumhur menjawab bahwa yang terjadi di Gaza bukanlah perang biasa, melainkan genosida atau pemusnahan suatu bangsa atau suku dari muka bumi.

“Sangat biadab bagaimana di tengah dunia yang mengedepankan hak asasi manusia, kejadian genosida seperti itu terjadi di Gaza, Palestina. “Yang lebih mengkhawatirkan adalah tindakan pencegahan yang dilakukan para pemimpin dunia belum cukup konkrit,” ujarnya.

BACA JUGA: Calon Gubernur DKI Diperiksa, PKB Kunjungi Jumhur Hidayat

Diakui Jumhur, sudah ada beberapa negara seperti Spanyol, Norwegia, dan Irlandia yang memberikan dukungan dan pengakuan bahwa Palestina adalah negara merdeka.

Namun masih banyak yang berstandar ganda, terutama dalam menyikapi Gaza, Palestina, ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Jumhur mengatakan dirinya baru saja kembali dari Kongres Buruh Dunia di Jenewa-Swiss.

Menurutnya, berbagai serikat pekerja di dunia saat ini mengutuk tindakan brutal dan tidak manusiawi di Gaza.

Salah satu konfederasi internasional, International Labour Confederation (ILC) yang bermarkas di Istanbul, Turki, bahkan mengadakan pertemuan khusus di Kompleks ILO Jenewa untuk memastikan peningkatan solidaritas terhadap Palestina.

“Berbagai konfederasi serikat pekerja dari berbagai belahan dunia, termasuk KSPSI, berkumpul di acara ILC untuk menyatukan komitmen dan langkah bersama demi kebebasan Palestina dan juga untuk mengakhiri kekerasan brutal dan tidak manusiawi, khususnya di Gaza, kata Jumhur Palestina. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… Tindakan kunci Din dan Jumhur berarti DPR menggunakan hak angket

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *