Sudaryono Dekat dengan Kaum Sarungan, Santri Kudus & Pati Mantap Beri Dukungan

saranginews.com, KUDUS – Banyak santri di Kabupaten Kudus yang menyatakan dukungannya terhadap Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Tengah pada 2024.

Mereka meyakini, sapaan akrab Sudaryono, Mas Dar, merupakan tokoh pemuda nasionalis yang dekat dengan kelompok ulama Islam di Jawa Tengah.

Baca juga: Sudaryono dan Taj Yasin Setuju Maju Bersama di Pilgub Jateng?

“Kunjungannya ke pesantren di pesisir Jawa Tengah membuktikan kedekatannya dengan santri-santri Pondok Pesantren Masdar. Kepribadiannya yang ramping membuat kiai kami disayangi. Makanya kami putuskan untuk mendukung Mas Dar sebagai mahasiswa,” kata Mohamad Ikhsan, Kabupaten Kudus, yang menjadi tuan rumah acara pengumuman, Jumat (14/6).

Pernyataan dukungan masyarakat Sarungan terhadap desa Jepang, Kecamatan Mejobo Buatan Kudus. Di kota Kretek, puluhan mahasiswa membentuk Sandar (Santri Pendukung Mas Dar) Kabupaten Kudus sebagai wadah politik untuk mendukung Sudarino.

Baca juga: Perempuan Independen Pemalang Yakin Sudaryono Pro Perempuan Calon Gubernur

Mereka sepakat mengangkat Mohammad Ikhsan sebagai Presiden Kabupaten Sandar Kudus. Menurut Ikhsan, mahasiswa asal Kudus tersebut memilih Sudaryono karena dinilai sesuai dengan visi Grobogan dalam menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama di Jawa Tengah.

“Mas Dar ingin mendukung tumbuhnya Islam moderat di Jawa Tengah. Komitmen ini selalu diungkapkan Mas Dar saat berkunjung ke rumah kiai kami,” kata Ikhsan.

Baca: Sedulur Mas Dar Karanganyar: Sudaryono Harapan Baru Jawa Tengah Maju.

Dukungan terhadap Pondok Pesantren Sudarino tak hanya datang dari Kudus. Di Pati, puluhan santri menyatakan dukungannya terhadap Sudaryono sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Mahasiswa Bumi Minatani bergabung dengan organisasi Sandar di Kabupaten Pati karena memandang Sudaryono sebagai sosok nasionalis religius yang cocok memerintah Jawa Tengah.

Juru bicara Pati mengatakan: “Kami bertekad mendukung Mas Dar. (dil/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *