Perkuat Perekonomian Nasional, Shopee Bantu UMKM Bertransformasi & Berdaya Saing di Awal 2024

saranginews.com, JAKARTA – Tren pertumbuhan UMKM dan merek lokal di awal tahun 2024 menjadi sorotan utama perekonomian Indonesia.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UMKM) mencatat kontribusi UKM terhadap perekonomian Indonesia mencapai 61 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) negara.

Baca selengkapnya: Shopee Live masih menjadi pilihan fitur terlaris bagi brand lokal dan UKM

Digitalisasi, perubahan perilaku konsumen, inovasi produk, dan peran e-commerce, terutama faktor seperti Shopee, menjadi pilar utama pendukung pertumbuhan UMKM dan merek lokal.

Selama tahun 2023, lebih dari 500.000 penjual UMKM baru bergabung dengan Shopee, meningkatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 30 persen (year-on-year) dari tahun 2020 hingga 2023.

Baca Juga: Beli Mobil dan Motor hanya Rp 6K, 60+ Jam Live Bareng Mami Luis Eksklusif di Shopee!

Sejak beroperasi di Indonesia, Shopee selalu menyadari komitmennya untuk menggerakkan perekonomian nasional melalui pilar UMKM dan merek lokal.

Oleh karena itu, pada tahun 2023, hingga 84 persen aktivitas bisnis Shopee akan berasal dari UMKM dan merek lokal, dengan produk lokal mendominasi 93 persen dari total transaksi.

Berbagai inovasi berkelanjutan telah diciptakan yang membantu mentransformasi dan meningkatkan daya saing dunia usaha serta memperkuat kehadirannya baik di dalam negeri maupun internasional.

Sebagai wujud komitmennya, berikut Shopee membagikan laporan tren pertumbuhan UKM dan brand lokal di awal tahun 2024:

Shopee memberikan pendekatan sederhana dan inklusif untuk menciptakan peluang bagi UMKM dan brand lokal untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Melalui berbagai upaya strategis, inisiatif, dan program menarik, Shopee berhasil mencatatkan peningkatan total pesanan sebesar empat kali lipat dari UMKM dan brand lokal pada puncak bisnis tahun 2024 dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk meraih pangsa pasar global melalui konten digital yang inklusif, Shopee juga menyediakan layanan terintegrasi melalui Program Ekspor Shopee yang telah mengekspor lebih dari 26 juta produk lokal ke berbagai negara. Tidak sampai disitu saja, keberhasilan positif ini akan terus berlanjut di awal tahun 2024, dengan transaksi produk ekspor meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Terus berinovasi untuk memberikan dampak nyata, Shopee mampu mendukung pertumbuhan UMKM dan brand lokal melalui fitur-fitur interaktif. Shopee Live menyediakan platform bagi penjual dan pembeli untuk berinteraksi secara real-time dan menjelaskan produk mereka selama siaran langsung.

Respon positif tersebut terlihat dari peningkatan produk lokal yang terjual melalui Shopee Live lebih dari 13 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Marketing Growth Director Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, banyak cerita baru hingga pertengahan tahun 2024 dan perusahaan bangga menjadi bagian dari banyak kisah sukses UKM dan brand lokal.

Melihat perkembangan dan inovasi mereka yang berkelanjutan dalam menciptakan produk berkualitas dan keberhasilan mereka memperluas jangkauan pasar, memotivasi Shopee untuk terus memberikan dukungan terbaik kepada bisnis lokal melalui berbagai program, promosi dan fitur interaktif serta pelatihan untuk UKM dan yang diadakan secara lokal. bisnis. Merek menjadi lebih kompetitif.

“Kami optimis sisa tahun 2024 akan lebih menarik dengan berbagai penemuan baru, dan dengan kerja sama dan kemitraan yang kuat, kita dapat menciptakan bisnis yang saling berkelanjutan dan memasuki pasar digital,” kata Monica (jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *