Panglima TNI Terima Hasil Ijtima Ulama Komisi Fatwa, Termasuk Soal Palestina & Salam Lintas Agama

saranginews.com, JAKARTA – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menerima hasil Ijtim Ulama Komisi Fatwa Indonesia dari Majelis Ulama Indonesia saat berkunjung ke kantor MUI Menteng di Jakarta, Jumat (14/06/2024).

Ketua Bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh menyampaikan langsung hasil Ijtim tersebut.

BACA JUGA: Hasil Komisi Fatwa Ijtim Ulama Himbauan Gunakan Produk Dalam Negeri

Sebelum dimutasi, Guru Besar Hukum UIN Jakarta ini mengatakan, Ijtima Ulama Komisi Fatwa Indonesia turut serta dalam lembaga fatwa Ormas Islam tingkat pusat, Ketua Komisi Fatwa MUI Provinsi Indonesia, Ketua Komisi Fatwa MUI Provinsi Indonesia, dan Ketua Komisi Fatwa MUI Provinsi Indonesia. pemimpin. Sekolah Asrama, Pimpinan Fakultas Syariah PTKI, serta lembaga fatwa dari ASEAN dan Timur Tengah.

“Ada 16 permasalahan agama yang berkaitan dengan ibadah, permasalahan ibadah, permasalahan muamalah dan permasalahan muamalah. Cakupan permasalahannya bersifat nasional, regional, dan global. “Salah satu hasilnya adalah dukungan terhadap Palestina dan keberkahan lintas agama yang tersebar di tengah masyarakat,” kata Niamh.

BACA JUGA: Hasil Komisi Fatwa Ijtim Ulama: YouTuber dan Selebriti Instagram Wajib Zakat

Selain itu, dalam forum pertemuan tersebut, Niam menegaskan bahwa MUI merupakan bayangan besar Indonesia dan ulama Islam yang menjadi pelopor perdamaian dan kemerdekaan bagi seluruh bangsa yang masih berada di bawah penjajahan, khususnya Negara Palestina.

“Salah satu rekomendasi Komisi Fatwa Ijtim Ulama adalah perlunya mengambil tindakan nyata untuk menghentikan pembantaian dan genosida yang sangat biadab di Gaza, Palestina, dan salah satunya adalah pemerintah Indonesia dapat memberikan bantuan militer yang diinisiasi dengan negara lain, khususnya negara-negara OKI untuk menghentikan kekejaman Zionis dan barbarisme Israel.

BACA JUGA: Anggota Komisi Fatwa MUI Ditangkap Densus 88, Bang Saleh Bilang Begini

Sementara jika bicara soal keberkahan antaragama, Niam menegaskan, ini merupakan sub pembahasan dari ketetapan Ijtim tentang pedoman hubungan antaragama.

Untuk menjamin toleransi yang sejati, kita harus mengenali ciri-ciri ajaran agama yang merupakan ladang ibadah, yaitu muamalah, dan muamalah sebagai salah satu aspek ibadah. Dari identifikasi tersebut harus ada pedoman bagaimana membangun hubungan antar umat beragama.

Di bidang ibadah, yang diprioritaskan adalah menghormati dan menjamin kebebasan umat beragama untuk mengamalkan ajaran agamanya tanpa mencampurkan sesuatu. Sedangkan untuk hubungan muamalah dan sosial yang diutamakan adalah kerjasama, saling mendukung untuk menciptakan persatuan dan kerukunan.

Nah, shalawat dalam konteks Islam itu hubungan sosial, ada yang bersifat umum dan ada pula yang khusus, ada yang ada aspek ibadahnya karena ada doanya yang khusus. Sedangkan shalat dalam Islam merupakan salah satu bentuk ibadah. Editannya aman dengan mengatakan sunnah, wajib ditanggapi. Sedangkan salam umum yang tidak berkaitan dengan ajaran tertentu merupakan cara berkumpul dan dianjurkan, jelasnya.

Kunjungan Panglima TNI ke MUI membahas tentang langkah pemerintah, khususnya TNI, untuk ikut serta dalam perjuangan Palestina.

Ketua MUI Bidang Luar Negeri Sudarnoto Abdul Hakim menyambut baik inisiatif TNI dalam mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina, khususnya terkait militer untuk menghentikan genosida.

Rapat tersebut dihadiri oleh Ketua Umum DMI Muhammad Yusuf Kalla dan pimpinan ormas Islam tingkat pusat, serta seluruh Dewan Pengurus MUI dan pimpinan komisi/lembaga MUI (dkk/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *