Mahasiswa Pascasarjana UI Belajar Langsung Sustainability Bisnis Aqua

saranginews.com, JAKARTA – Banyak mahasiswa Magister Ilmu Kesejahteraan FISIP UI yang mendapat ilmu berharga tentang dukungan bisnis dari Aqua.

Pengetahuan tersebut mereka peroleh pada Jumat (6/7/2024) usai mengunjungi sumber air AQUA Mekarsari.

BACA LEBIH LANJUT: Temukan kehidupan bawah air di SEA LIFE Sydney Aquarium

Ambri Rhayu, Director Sustainability Head Office Danone Indonesia menjelaskan, program keberlanjutan Aqua fokus pada dua hal.

Artinya, pelaksanaan program yang membantu mengelola dampak kegiatan perusahaan dan program yang berkontribusi terhadap perbaikan kondisi lingkungan, kesehatan, dan perekonomian yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan.

BACA JUGA: Mahasiswa Ph.D IPB Tinjau Literatur Komunikasi Perkembangan dengan Guru Saat FGD

“Karena komitmen yang kuat terhadap keberlanjutan, Aqua menjadi satu-satunya perusahaan AMDK di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi B Corp dan persetujuan pemerintah,” kata Ambri Rahayu.

Dalam upacara tersebut, para siswa menyaksikan langsung kegiatan konservasi air di desa peka lingkungan dan miskin (Salira) yang terletak di Desa Giri Jaya, Sukabumi.

BACA JUGA: Pengurangan Sampah Plastik di Kawasan Wisata Babel, AQUA-Asosiasi Pemulung Gandeng.

Program ini merupakan implementasi langsung dari misi perusahaan untuk melindungi sumber daya air.

Mereka juga berkesempatan melihat sumber air Aqua Mekarsari yang berada tepat di Desa Kubang, Desa Babakan Pari. Para mahasiswa juga mengunjungi toko UMKM SAGALA yang merupakan usaha yang disponsori oleh Aqua Mekarsari.

Siswa juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan mendapatkan informasi lebih lanjut dari berbagai penerima manfaat program CSR Aqua yang merupakan warga sekitar. Mereka semua tampak bersemangat untuk belajar tentang bisnis berkelanjutan.

Guru Besar Kesejahteraan Sosial FISIP UI Profesor Bambang Shergi Laksmono menjelaskan, bisnis utama Aqua adalah air. Oleh karena itu, perusahaan akan selalu bekerja keras untuk menjaga kelestarian pasokan air.

Begitu pula dengan pengelolaan sampah plastik pascakonsumen Extended Producer Responsibility (EPR). Selama ini masyarakat yang terlibat dalam kerja perusahaan telah menerima program seperti pengembangan UKM dan penyediaan air bersih.

Mau bagaimana lagi, dukungan adalah kunci agar dunia usaha bisa bertahan, ujarnya.

Salah satu siswa, Kyna, mengaku mendapat pelajaran berharga tentang penerapan kebijakan keberlanjutan bisnis dan sosial. Menurutnya, hal itu tidak akan tercapai jika ia duduk di kelas.

“Karena di kampus kebanyakan masih teori, tapi di sini kita bersyukur bisa menggunakan pembelajaran langsung,” ujarnya singkat.

Tahun lalu Danone Aqua bekerja sama dengan Fakultas Manajemen Universitas Indonesia (UI) mengadakan kompetisi program “Voice of Youth Challenge 2023” untuk dukungan terkait kesehatan dan lingkungan agar mahasiswa dapat berkembang. ide-ide kreatif dan inovatif untuk mengajak dan menginspirasi masyarakat dalam dua tema utama yaitu Hidrasi Sadar dan Pengelolaan Limbah.

Arif Mujahiddin, Direktur Komunikasi Danone Indonesia, mengatakan tujuan kompetisi ini sejalan dengan komitmen dukungan Danone, salah satunya adalah rencana perusahaan untuk mempromosikan konsep minum alkohol melalui kampanye #PikirinDulu.

Kampanye ini merupakan upaya Danone-AQUA untuk meningkatkan kesadaran di kalangan generasi muda untuk berpikir matang sebelum mengonsumsi dan menentukan dampak produk terhadap kesehatan, lingkungan dan masyarakat atau komunitas.

Aksi Voice of Youth Challenge 2023 ini bertepatan dengan dukungan Universitas Indonesia untuk mendukung program menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (et al/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *