Kunjungan Kerja Menko Airlangga ke LN Memperkuat Posisi Indonesia di Forum Global

saranginews.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlanga Hartarto merasakan keberhasilan memperkuat posisi Indonesia di forum internasional melalui serangkaian kunjungan ke negara sahabat pada bulan lalu.

Hal tersebut diungkapkan Yose Rizal Damuri, Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies (CSIS) dalam wawancara yang diberikan kepada media pada Rabu (12/6).

Baca Juga: Airlangga bertemu 3 pemimpin terkemuka Singapura untuk membahas kerja sama ekonomi

Menurutnya, kunjungan resmi Menko Airlanga ini penting untuk mendorong dan memperkuat kerja sama ekonomi Indonesia dengan berbagai negara.

Karena kita memerlukan kerja sama ekonomi yang kuat untuk mendukung pembangunan ekonomi seperti menarik investor asing, menjalin hubungan dagang dan masih banyak peluang lainnya, kata Yose Rizal Damuri.

Baca Juga: Indonesia Genjot Ekspor, Menko Bertemu Menteri Airlonga, Ketua Parlemen Rusia

Kemudian, lanjut Yos, dari sisi diplomasi, melalui kunjungan luar negeri, bagaimana memperkuat diplomasi dan posisi Indonesia dalam konteks forum internasional akan berdampak positif.

“Kita memerlukan kerja sama diplomasi dan ekonomi untuk mendukung rasio Indonesia secara lebih umum, terutama dalam konteks geopolitik saat ini yang sifatnya sangat dinamis,” ujarnya.

Baca Juga: Menteri Airlanga Harap Dapat Penghargaan dari Pemerintah Rusia.

Berbagai kunjungan luar negeri ini juga menunjukkan keberhasilan Airlanga Hartarto dalam melobi dan membujuk tokoh atau organisasi yang ditemuinya, tambah Yoss.

“Meskipun koordinasi perekonomian merupakan bagian dari peran Airlanga sebagai menteri, namun bonus lainnya adalah beliau telah menunjukkan kemampuan negosiasi dan sisi kepemimpinannya, sehingga tidak mengherankan jika Indonesia memiliki nilai yang tinggi dalam politik luar negeri.” Dia katanya.

“Kami menunggu hasil dari berbagai kegiatan kunjungan luar negeri. Kami tidak ingin kunjungan tersebut hanya berakhir sebagai kunjungan belaka tanpa melihat sesuatu yang nyata,” tambah Yos.

Menteri Keuangan Airlanga Hartarto diketahui berada di Moskow untuk kunjungan kantor melalui akun Instagram pribadinya.

Di ibu kota Federasi Rusia, AirLanga mengadakan pertemuan khusus dengan Menteri Perdagangan Komisi Ekonomi Eurasia (EEC) Andrey Slepnev untuk membahas berbagai isu kerja sama strategis di bidang ekonomi dan perdagangan.

Dalam sebulan terakhir, Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlanga Hurtarto aktif berpartisipasi dalam pertemuan bilateral dan multilateral seperti International Forum Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) dan Nikkei Conference on the Future. Asia (Masa Depan Asia), Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD), Negara-negara Kerjasama ASEAN dan Teluk (GCC), Forum Ekonomi Dunia (WEF).

Berbagai konferensi ini diadakan di Singapura, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Jerman, Perancis, Inggris, Arab Saudi dan banyak negara lainnya. (dil/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *