Kemkominfo Ajak Pejuang Informasi Perbanyak Konten yang Mengedepankan Prinsip 3E1N

saranginews.com, LABUAN BAJO – Direktur Pengelolaan Media Direktorat Jenderal (Ditjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Nursodic Gunarjo membuka usaha bertajuk Cerdas Bersama Kominfo (Jarkom). Puncak Waringin, Labuhan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (12/6).

Narsodic mengatakan, muatan humas tata kelola pemerintahan (GPR) hendaknya mengedepankan prinsip pendidikan, pemberdayaan, pencerahan, dan nasionalisme (3E + 1N).

Baca juga: Cominfo Ajak Guru Melek Digital di Morrowali

Dalam produksi konten berita misalnya, keberhasilan atau pertemuan harus dikomunikasikan dengan baik melalui narasi deskriptif.

Pemberitaan dan konten positif di media sosial diperlukan sebagai bentuk akuntabilitas untuk membantu mencegah penyebaran berita buruk secara massal.

Baca juga: Inovasi Populer Pupuk Indonesia Sumbang Pendapatan dan Tabungan Rp 1,3 Triliun

“Jika tidak rajin mengunggah kabar baik, maka konten yang mendominasi algoritma berita adalah konten yang buruk. Bukan hanya soal tanggung jawab, tapi juga bagaimana kita bisa berkontribusi sebagai orang baik yang aktif mengunggah kabar baik. kata Narsodik.

Narsodic menegaskan, ada potensi besar kabar baik yang patut dimanfaatkan. Misalnya kemudahan akses kepada pimpinan daerah untuk mendapatkan informasi A-1.

Baca juga: Pagadian Ajak Teman Investasikan Keuntungan Hingga Rp 400 Miliar Lewat Obligasi dan Sukuk

Namun Narsodic mengingatkan, prinsip jurnalisme 5W + 1H juga harus dicantumkan dalam pembuatan berita atau konten.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Paulus Setahu yang turut hadir menyambut positif terselenggaranya kegiatan Jercom.

Sebagai kabupaten dengan luas 9.640 km2 dan jumlah penduduk 275.903 jiwa, Labuhan Bajo memiliki potensi wisata di Kabupaten Manggarai Barat.

Anda memerlukan kabar dan informasi baik untuk mendukung pengembang pariwisata Labuhan Bajo.

“Kami merasakan manfaat yang besar dari kegiatan ini untuk menjadikan sebuah berita yang benar-benar mencerahkan dan bermanfaat. Semoga tahun depan Kominfo kembali melakukan kegiatan serupa di Labuhan Bajo Kabupaten Manggarai Barat”, Paulus (chi/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *